Sukses

Dukung Sentra Vaksinasi Komunitas, Wamenkes: Puskesmas dan RSUD Saja Tak Akan Cukup

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dante Saksono mengungkapkan perlunya sentra vaksinasi untuk percepatan distribusi vaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr Dante Saksono Harbuwono, Sp. PD, Ph.D, KEMD mengapresiasi upaya masyarakat dan komunitas dalam rangka membantu percepatan vaksinasi COVID-19 nasional dengan mendirikan sentra vaksinasi. Hal ini tentu saja yang membantu mempercepat program vaksinasi COVID-19.

“Sentra vaksinasi COVID-19 seperti Sentra Vaksinasi Serviam sangat diperlukan. Fasilitas pemerintah seperti RSUD dan Puskesmas tidak akan cukup untuk mencapai target 181 juta akseptor dalam setahun," kata Dante saat meninjau vaksinasi di Sentra Vaksinasi Serviam di kompleks Sekolah Santa Ursula Jakarta pada Sabtu, 20 Maret 2021.

Kehadiran komunitas mendirikan sentra vaksinasi tentu mempercepat jumlah orang yang divaksin.

"Kecepatan vaksin yang tadinya 10.000 hingga 100.000 orang per hari, sekarang sudah mencapai 380.000 orang per hari, karena peran sentra-sentra vaksinasi seperti ini,” ujar Dante.

Selain sentra vaksinasi, guna mencapai target 181 juta penduduk Indonesia yang divaksin dibutuhkan juga vaksin yang cukup. Pemerintah saat ini, kata Dante, tengah meningkatkan ketersediaan vaksin mencapai 1 juta hingga 1,5 juta dosis per hari. 

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turut Merangkul Lansia dan Disabilitas

Sentra Vaksinasi Serviam yang berlokasi di Sekolah Santa Ursula, Jalan Lapangan Banteng resmi dibuka pada Sabtu (20/3/2021). Selama tiga bulan ke depan, sentra vaksinasi yang digagas oleh keluarga besar alumni tiga sekolah yang dikelola para Suster Ursulin di Jakarta, yaitu Santa Ursula,Santa Theresia, dan Santa Maria akan memberikan layanan vaksinasi pada lansia ber-KTP dan berdomisilii DKI Jakarta.

Di hari pertama vaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi Serviam ada 260 lansia yang divaksin. Termasuk di dalamnya 100 orang warga Kecamatan Sawah Besar yang berada di sekitar Sekolah Santa Ursula.

Program vaksinasi ini juga turut merangkul lansia disabilitas untuk divaksinasi. Terdiri dari 2 orang tunanetra dan 2 orang tunarungu juga divaksin hari ini.

Bagi lansia ber-KTP DKI Jakarta maupun yang tinggal di DKI Jakarta bisa divaksin di Sentra Vaksinasi Serviam dengan mendaftarkan diri http://www.vaksinasiserviam.com/.

Di kesempatan itu, Dante mengingatkan agar masyarakat yang sudah divaksin tetap menjalankan protokol kesehatan. Antibodi baru akan terbentuk setelah 28 hari sejak suntikan vaksin kedua diberikan.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 

 
3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.