Sukses

Teh Sereh, Ramuan Herbal yang Enak dan Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Kandungan ini bisa didapat dari berbagai jenis sumber nutrisi salah satunya ramuan herbal teh sereh.

Liputan6.com, Jakarta Kandungan antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Kandungan ini bisa didapat dari berbagai jenis sumber nutrisi salah satunya ramuan herbal teh sereh.

Menurut dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) teh sereh adalah ramuan tradisional yang mudah dibuat dan kaya akan manfaat.

Selain itu, rasa dari ramuan ini tidak pahit. Sebaliknya, ramuan ini enak dan manis jika ditambahkan pemanis alami seperti gula aren, madu, atau gula stevia.

Teh sereh juga cocok dikonsumsi oleh kalangan lanjut usia (lansia) karena selain bermanfaat sebagai antioksidan, teh sereh juga bermanfaat sebagai anti radang, probiotik dari jahe, membantu menurunkan tensi, kolesterol, dan lain-lain.

“Oma opa yang suka pegal linu bisa minum teh sereh karena mengandung anti radang,” ujar Ratna dalam webinar Geriatri TV, ditulis Sabtu (9/1/2021).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan dan Cara Membuat

Seperti ramuan herbal pada umumnya, teh sereh juga terbilang mudah untuk dibuat di samping bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat teh sereh yakni:

-2 sampai 3 batang sereh.

-10 gram jahe.

-1/2 jeruk lemon atau nipis.

-2 sampai 3 gelas air.

Pastikan semua bahan adalah bahan yang segar dan tidak berjamur. Setelah bahan tersedia, cuci bahan hingga bersih dengan air mengalir.

Jika sudah bersih, bahan dipotong-potong dan dimemarkan. Setelah itu, didihkan air 2-3 gelas dalam panci stainless.

Setelah air mendidih, masukkan jahe dan sereh kemudian masak dengan api kecil dalam waktu 10 hingga 15 menit.

Matikan api dan biarkan ramuan menjadi hangat. Sebelum disajikan, tambahkan perasan jeruk nipis. Agar rasanya lebih enak, bisa ditambahkan gula aren, madu, atau gula stevia sesuai kebutuhan.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.