Sukses

Pelantikan Koordinator Kawan Vaksin COVID-19, Ini Tanggung Jawabnya

Gerakan Koalisi Relawan Kawan Vaksin melantik koordinator setiap daerah. Dalam pelantikan tersebut relawan kawan vaksin menyatakan siap divaksin pertama kali bersama Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta Gerakan Koalisi Relawan Kawan Vaksin COVID-19 melantik koordinator setiap daerah. Dalam pelantikan tersebut relawan kawan vaksin menyatakan siap divaksin pertama kali bersama Presiden Joko Widodo.

Menurut Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Kawan Vaksin memiliki peran penting untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya vaksinasi.

Para koordinator Kawan Vaksin di tiap daerah akan menjadi relawan yang siap divaksin dan mengawal vaksinasi di Indonesia. Agar aman, sesuai aturan dan menyehatkan masyarakat.

Dalam survei Kementerian Kesehatan yang disampaikan Nadia, masih ada 7,6 persen responden yang menolak vaksin. Namun, yang belum memutuskan setuju atau tidak ada 30 persen. Sementara, lebih dari 60 persennya mengharapkan bahwa vaksin dapat menjadi solusi untuk keluar dari pandemi.

Alasan responden tidak menerima vaksin yakni 59,03 persen karena tidak yakin terhadap keamanan vaksin. 43,17 persen tidak yakin efektivitasnya.

24,20 persen responden mengaku takut akan efek samping dari vaksin tersebut. Bahkan, 26,04 persen responden tidak percaya pada vaksin COVID-19.

Padahal, vaksinasi dan imunisasi sangat penting dilakukan untuk menciptakan kekebalan kelompok, kata Nadia.

“Kalau tidak ada yang diimunisasi maka penyakit akan mudah menyebar. Kalau hanya sedikit yang diimunisasi tentunya penyakit masih bisa menular,” kata Nadia dalam webinar  Kawan Vaksin, Sabtu (19/12/2020).

“Tetapi kalau sebagian besar masyarakat diimunisasi maka sebagian kecil orang yang belum diimunisasi akan ikut terlindungi karena terjadi kekebalan kelompok.”

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Meyakinkan Masyarakat

Para koordinator Kawan Vaksin harus mengetahui segala tentang pentingnya vaksinasi agar masyarakat dapat diajak kerja sama dengan baik demi terciptanya kekebalan kelompok.

Nadia menambahkan, vaksinasi adalah salah satu upaya pencegahan COVID-19 di antara berbagai upaya lainnya dalam memerangi ancaman COVID-19.

“Tujuannya tetap menurunkan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok, sehingga kita kita bisa melindungi masyarakat lainnya.”

Selain itu, harapan dari lancarnya vaksinasi adalah agar produktivitas masyarakat tetap terjaga dan meminimalisasi dampak sosial serta ekonomi.

“Ini penting bagi teman-teman Kawan Vaksin untuk menjelaskan atau menginformasikan kepada masyarakat agar meyakini, mempercayai, dan tidak takut lagi pada efek samping vaksin.”

3 dari 3 halaman

NFOGRAFIS: Deretan Negara yang Gratiskan Vaksin COVID-19 ke Warganya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.