Sukses

4 Cara Menyimpan Madu agar Awet

Liputan6.com, Jakarta Beberapa studi menunjukkan, madu memiliki kemampuan membunuh bakteri seperti E.coli dan salmonella. Mengutip laman CNN, beberapa jenis madu seperti madu manuka dari New Zealand dan madu Tualang dari Malaysia bisa mengatasi bakter Staphylococcus serta bakteri penyebab tukak lambung H.pylori. Melihat kemampuan madu dalam membunuh bakteri dan menyembuhkan penyakit, tak heran jika cairan keemasan yang berasal dari lebah ini telah digunakan sebagai obat sejak berabad-abad lalu.

Selain berkhasiat bagi kesehatan, madu juga memiliki daya tahan yang luar biasa. Berkat kandungan gula yang tinggi, madu menjadi bahan makanan alami yang paling stabil, mengutip laman manukacorner. Madu tidak akan membusuk meski tidak diberi campuran apa pun untuk memperpanjang masa penggunaannya. Hanya saja, Anda perlu memerhatikan cara penyimpanannya.

Ada cara yang benar dan tepat dalam menyimpan madu. Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa cara untuk menyimpan madu dalam agar tahan lama:

1. Simpan di Botol

Simpan madu di botol plastik maupun kaca kemudian tutup rapat. Madu yang disimpan di dalam botol tak hanya awet atau tahan lama tetapi juga bisa terbebas dari masalah mudah tumpah, dikerubungi semut atau tercemar debu maupun kotoran lainnya.

2. Pastikan Botol Kering Sebelum Digunakan untuk Menyimpan Madu

Sebelum memasukkan madu ke dalam botol pastikan bahwa botol untuk menyimpan madu bersih dan kering. Botol yang kotor dan basah akan mempengaruhi kualitas madu. Madu yang telah tercampur dengan bahan lain juga akan rentan rusak dan nutrisinya tidak sebagus saat masih murni.

 

 

2 dari 4 halaman

Simpan di Tempat Kering dan Sejuk

3. Simpan di Tempat Kering dan Sejuk

Pastikan untuk menyimpan madu di tempat yang kering dan sejuk. Selain bisa membuat kualitas madu tetap terjaga, menempatkan madu di tempat kering dan sejuk akan menambah ketahanannya. Madu ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hindari menyimpan madu di bawah paparan sinar matahari langsung.

4. Jauhkan Madu dari Makanan atau Apapun yang Berbau Menyengat

Usahakan untuk menyimpan madu jauh dari bahan makanan atau apapun yang berbau menyengat. Menyimpan madu di dekat segala sesuatu yang berbau menyengat akan membuat madu tercemar bau tersebut dan aromanya tak lagi khas.

Itu merupakan beberapa cara menyimpan madu agar terjaga dengan baik. Semoga setelah membaca ini anda sekarang sudah bisa menyimpan madu dengan tepat dan dapat menyimpan madu secara awet dan prima dalam jangka waktu yang lama. Selamat menerapkan tips diatas.

 

(Vania Accalia)

 

3 dari 4 halaman

Infografis Denda Tidak Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini: