Sukses

Mengenal KIPI, Kejadian yang Mungkin Dialami Usai Vaksinasi

Liputan6.com, Jakarta Usai mendapat vaksinasi, beberapa orang mengalami peningkatan suhu tubuh nyeri ataupun bengkak di area suntikan. Hal itu dikenal sebagai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

KIPI lumrah terjadi dan bukan sesuatu yang berbahaya. Namun, seringkali orang jadi takut mendapat suntikan vaksin karena hal ini, seperti diungkap Juru Bicara Satgas COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro.

"Soal KIPI, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, ini salah satu alasan kenapa orang takut imunisasi, karena banyak orang demam setelah divaksin. Reaksi demam ini lumrah dan bisa diobati dengan pemberian Paracetamol. Jadi, tidak usah khawatir," kata Reisa dalam Dialog Produktif yang ditayangkan daring dari Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (8/10/2020).

Hampir semua rasa tak nyaman setelah vaksinasi bersifat ringan dan sementara. Misalnya, rasa nyeri pada area yang disuntik atau demam ringan. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi obat yang dijual bebeas sesuai anjuran dokter atau dengan kompres air dingin di area yang disuntik.

Mengutip laman Klikdokter, pada dasarnya efek samping seperti KIPI wajar terjadi akibat respon tubuh terhadap benda asing yang disuntikkan, sehingga tak perlu dikhawatirkan.

Reisa juga mengingatkan pentingnya selalu mengecek jadwal vaksin rutin, vaksin wajib, dan vaksin tambahan yang direkomendasikan Pemerintah.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Infografis Kandidat Vaksin COVID-19

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini