Sukses

Jangan Lupa Memuji Anak, Ini 4 Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Memuji anak ketika dia mau membereskan tempat tidur, meletakkan baju kotor ke keranjang, mengerjakan PR dengan maksimal, dan hal-hal positif lainnya itu perlu. Anak-anak membutuhkan pujian dan dukungan agar termotivasi.

Melansir The Importance of Praise and Encouragement via parentingni.org, bukan berarti pujian harus diberikan setiap hari atau terlalu berlebihan. Dengan pujian yang cukup dan tepat, anak bisagan mendapat sejumlah manfaat positif.Berikut manfaat memuji anak:

1. Meningkatkan Motivasi Diri Anak

Anak-anak bisa memiliki motivasi diri yang baik saat rasa ingin tahunya didukung dengan baik. Sehingga bisa lebih nyaman melakukan hal yang mereka suka. Anak-anak yang punya motivasi diri baik juga cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Saat kita memberi pujian anak atas usahanya melakukan sesuatu yang ia suka, anak bisa terdorong untuk mencoba hal-hal baru dan meningkatkan kemampuannya secara mandiri.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Pujian bisa meningkatkan rasa percaya diri dan nilai diri pada anak. Yang perlu kita perhatikan dalam memberi pujian pada anak adalah ketepatan waktu dan poin yang kita sampaikan dalam pujian. Pujian akan lebih efektif bila kita mengacu pada poin usaha anak melakukan sesuatu, bukan semata pada hasilnya. Selain itu, sebaiknya jangan menyela atau mengganggu konsentrasi anak dengan pujian saat ia sedang fokus atau dalam proses mengerjakan sesuatu.

 

3. Menyemangati anak

Anak mungkin akan mengalami kegagalan dalam usaha atau upaya yang dilakukannya. Walau anak mungkin merasa sedih, kita bisa membantunya untuk kembali semangat dengan memberinya pujian. Pujian bisa membantu anak untuk terus belajar. Hanya saja kita perlu berhati-hati, jangan sampai kita memberi pujian dengan perbandingan. Misalnya, "Kamu lebih pintar daripada adikmu." Melansir parentingforbrain.com, pujian dengan perbandingan membuat anak bisa lebih rentan terhadap perasaan gagal di masa depan. Anak yang dipuji dengan perbandingan akan terus membandingkan diri mereka saat gagal. Sehingga, motivasi mereka bisa gampang luntur.

4. Membangun Kedekatan Orangtua dan Anak

Mendapat pengakuan dari orang dewasa sangat penting bagi anak saat ia tumbuh. Pujian akan lebih efektif bila disampaikan secara spesifik dan tulus. Bukan pujian yang mengada-ada atau terlalu berlebihan. Dengan begitu, anak-anak akan merasa dekat dan diakui oleh orangtua. Komunikasi dan kedekatan pun bisa semakin hangat dan akrab.

Pujian yang diberikan dengan tepat bisa memberi dampak positif pada tumbuh kembang anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat jadi referensi yang baik dalam usaha mendidik serta mengasuh anak yang lebih positif.

Penulis: Endah Wijayanti/Fimela.com