Sukses

Manfaat Kue Klepon Sebagai Bahan Bakar Saat Olahraga

Heboh soal kue klepon yang disebut tak Islami tapi menyimpan banyak kegunaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kue klepon sedang ramai dibicarakan. Pada Rabu pagi, 22 Juli 2020, penganan berisi gula merah dan dilapisi kelapa parut menduduki trending topik nomor lima di Twitter.

Terlepas dari kontroversi yang tengah terjadi, klepon memiliki manfaat untuk menggantikan energi yang hilang setelah berolahraga.

"Habis latihan kita ngedrop nih, boleh enggak makan klepon? Boleh saja. Cuma tidak boleh berlebihan," kata Sport Medicine Specialist dari Slim + Health Sports Therapy, dr Michael Triangto SpKO saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Namun, harus diingat, ini hanya untuk orang-orang yang menjadikan olahraga kegiatan bersenang-senang dan prestasi, bukan yang tujuannya untuk kurus.

"Olahraga untuk menguruskan badan, jelas tidak boleh makan manis," ujarnya.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Klepon Sebagai Bahan Bakar Saat Berolahraga

Tidak hanya sebagai pengganti energi yang hilang, kue klepon juga bisa dijadikan 'bahan bakar' ketika berolahraga. Caranya, dimakan sebelum berolahraga.

"Jadi, sebelum latihan, kita boleh mengisi dengan sesuatu yang gulanya bisa diserap lama, kayak pisang. Kita jadi tidak terlalu kenyang, sehingga tidak mengganggu lambung," kata Michael.

Lantaran tidak mengganggu lambung dan tak bikin begah, ketika harus olahraga seperti jogging, lompat, atau lari, kita jadinya tidak mual atau muntah.

"Nah, kalau kita bicara klepon, mungkin kita bisa memasukkan klepon itu pada waktu sebelum latihan," ujarnya.

Bahkan, mengonsumsi tiga butir klepon sesudah latihan juga tidak apa-apa sambil menunggu waktu makan atau sarapan yang sebenarnya.

"Misal, olahraga pagi. Pagi sebelum jogging nggak makan apa-apa, misalnya. Kemudian setelah jogging satu jam, turun kada gulanya, nah itu boleh makan klepon," katanya.

"Ya, sudah, makan itu sambil menunggu waktu makan setelah mandi. Setelah mandi, ganti pakaian, baru deh sarapan," Michael melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Makan Klepon Secukupnya

Buat orang-orang yang 'takut' makan klepon setelah berolahraga bakal mengembalikan lemak yang sudah terbakar, Dokter Michael mengatakan tidak usah takut selama tidak berlebihan.

"Kalau tujuan olahraganya membuat otot, makan satu atau tiga boleh dong. Kan tujuannya untuk mengisi gula yang terlalu rendah itu. Atau beli satu bungkus share ke teman, itu jauh lebih tidak apa-apa. Karena itu sambil menunggu makan paginya," ujarnya.

"Untuk orang mengharapkan turun berat badan, kita nggak kasih," Michael menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.