Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Tetap Sehat dan Intim dengan Pasangan, Lakukan 7 Hal Ini Usai Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Sebelum berhubungan seks pasangan suami istri harus mempersiapkan suasana hati dan komunikasi yang baik, ada beberapa hal yang juga disarankan apabila mereka selesai melakukan aktivitas tersebut.

Dilansir dari Huffpost pada Jumat (17/7/2020), dengan melakukan beberapa hal ini usai melakukan hubungan seks, kesehatan, keintiman dan kesejahteraan secara seksual pun bisa meningkat.

1. Pergi ke Kamar Mandi

Sunny Rodgers, pelatih seks bersertifikat dan duta dari American Sexual Health Association menyarankan Anda untuk buang air kecil usai berhubungan seks.

"Ini adalah langkah pertama yang selalu saya sarankan tepat setelah berhubungan seks," kata Rodgers. Aktivitas ini bisa membantu membersihkan 'saluran' dari bakteri atau racun.

Setelah itu, Anda juga bisa membersihkan diri sesaat. Menurutnya, hal ini merupakan langkah menjaga kebersihan dan melindungi diri dari masalah seperti infeksi saluran kemih.

2 dari 5 halaman

Aktivitas Setelah Hubungan Seks

2. Gunakan Pakaian Dalam yang Tak Ketat

Rodgers merekomendasikan Anda menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat misalnya yang terbuat dari bahan katun. Menurutnya, bahan ini memungkinkan alat kelamin untuk bernapas.

"Katun juga hipoalergenik, sangat menyerap, dan tidak akan mengganggu daerah paling sensitif Anda, yang rentan terhadap sensitivitas dan kelembapan yang meningkat setelah berhubungan seks."

3. Bermesraan

Setelah berhubungan seks, pasutri bisa meningkatkan keintiman dengan bermesraan sebelum tidur. Chamin Ajjan, psikoterapis dan terapis seks di New York, Amerika Serikat mengatakan hubungan seks melepaskan hormon oksitosin yang menciptakan rasa kedekatan.

"Berbicara dengan pasangan Anda setelah berhubungan seks adalah cara yang baik untuk terhubung dan menciptakan lebih banyak keintiman. Anda bisa bicara tentang harapan, impian, apa yang ingin anda lakukan dengan pasangan."

3 dari 5 halaman

Minum Air

4. Terhidrasi

Setelah berhubungan seks, minumlah air untuk menjaga kelembapan dan tingkat energi Anda. Rodgers mengatakan, stimulasi seksual bisa menguras tenaga.

"Ini juga dapat membantu membersihkan bakteri dari saluran kemih," tambahnya.

5. Ambil Camilan

Rodgers mengatakan, berhubungan seks juga bisa membakar kalori dan meningkatkan detak jantung. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi camilan sehat.

Selain itu menurut Ajjan, Anda dan pasangan juga bisa membuat makanan sederhana bersama seperti telur dadar. Ini menjadi cara yang baik untuk mempererat keintiman dan komunikasi.

4 dari 5 halaman

Saling Memuji dan Tertawa Bersama

6. Saling Memuji

Ungkapkan apa yang Anda sukai dari pasangan. Hal ini juga berpengaruh pada hasil maksimal dalam hubungan seks yang akan datang. Menurut Karla Ivankovich, terapis pasangan, ini bermanfaat karena hormon oksitosin yang masih tinggi.

"Saling berbagi satu sama lain tentang apa yang benar-benar Anda nikmati tentang keintiman, baik secara fisik maupun emosional, adalah cara yang baik untuk menjaga keintiman."

7. Tertawa

Suasana setelah hubungan seks seharusnya menjadi momen yang baik. Maka dari itu, Ivankovich menyarankan pasangan untuk saling tertawa dengan melontarkan candaan satu sama lain setelah berhubungan intim.

5 dari 5 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini