Sukses

China Siap Rilis Vaksin COVID-19 Awal Tahun Depan

Kepala Pusat Pengendalian Penyakit Cina, Gao Fu, mengatakan akan siap merilis vaksin COVID-19 ke publik di awal tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Pengendalian Penyakit Cina, Gao Fu, mengatakan siap merilis vaksin COVID-19 ke publik di awal tahun depan. Sedangkan, vaksin untuk penggunaan keadaan darurat akan disegerakan setelah September.

Ia menambahkan, vaksin akan tersedia tepat waktu untuk kemungkinan wabah gelombang kedua.

"Kami berada di garis depan dalam pengembangan vaksin, dan kami mungkin bakal memiliki vaksin yang siap untuk penggunaan darurat pada bulan September," kata Gao kepada China Global Television Network seperti dikutip New York Post, Minggu (26/4/2020).

“Vaksin yang baru dikembangkan ini, yang masih dalam uji klinis fase dua atau fase tiga, dapat digunakan untuk beberapa kelompok khusus, misalnya, petugas layanan kesehatan.”

Gao menambahkan bahwa para ilmuwan Cina mungkin juga memiliki vaksin untuk populasi sehat di awal 2021.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan WHO

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengatakan, vaksin di AS kemungkinan akan berlangsung setidaknya satu tahun lagi. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa hal tersebut memakan waktu hingga 18 bulan.

Jika menilik sejarah, vaksin gondong dianggap sebagai vaksin tercepat yang pernah disetujui. Yakni memerlukan waktu empat tahun untuk beralih dari tahap pengembangan ke perizinan pada tahun 1967.

Di tengah pandemi COVID-19, vaksin dianggap sebagai kunci untuk memperlambat penyebaran virus Corona. COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 2,7 juta orang dan membunuh setidaknya 195.000 orang di seluruh dunia sejauh ini, menurut data Universitas Johns Hopkins.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.