Sukses

Sikap Kita dalam Merespons Status Orang yang Ingin Bunuh Diri

Cegah depresi agar tidak sampai bunuh diri dengan menghubungi psikolog terdekat

Liputan6.com, Jakarta Spesialis Kedokteran Jiwa Omni Hospital Alam Sutera, dr Andri SpKJ mengingatkan para kaum muda untuk cepat-cepat mencari pertolongan apabila mengalami suatu gejala depresi.

Jangan tahu-tahu menulis status ingin bunuh diri, yang responsnya tak semuanya bagus. Sebab, bakal ada yang beranggapan, menulis sebuah kicauain ingin bunuh diri adalah upaya cari perhatian semata.

"Kalau kita ingin mencoba mencari pertolongan, itu akan lebih baik," kata Andri saat dihubungi Health Liputan6.com pada Senin, 13 April 2020.

"Ada memang orang-orang yang mencoba mencari perhatian dari lingkungannya, bisa dapat atau enggak," Andri menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Salah Menuliskan Keinginan untuk Bunuh Diri

Menurut pria yang aktif berbagi informasi seputar kesehatan jiwa di Twitter dengan akun @MbahNdi, tidak salah jika ada yang menuliskan keinginan bunuh dirinya di media sosial. Ya, karena tidak semua orang mampu untuk bicara langsung.

"Yang paling penting sikap kita. Kita yang saat ini baru belajar menghadapi situasi-situasi seperti ini, ada baiknya memberikan respons yang positif, respons yang rasional," katanya.

Positif dan rasional ini, lanjut Andri, mengarahkannya untuk mencari pertolongan yang lebih benar. Bukan malah ngomong 'mati aja lu', yang malah bisa membuatnya drop dan keinginannya buat bunuh diri semakin menjadi-jadi.

"Kayak saya. Saya sebagai dokter jiwa dimensyen salah satu followers saya di Twitter, bilangnya, misalnya 'Dok, saya ingin bunuh diri, nih'. Saya kan juga punya keterbatasan. Saya juga punya ketidakmampuan," katanya.

"Saya cuma bisa bilang 'Silakan ke psikiater terdekat atau rumah sakit terdekat'. Atau coba sarankan untuk menghubungi temannya. Karena kita tidak bisa menjawabnya langsung," katanya.

Oleh sebab itu, tetaplah memberikan respons yang baik, agar mereka dapat mengurungkan niat untuk bunuh diri.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini