Sukses

Kurangi Antrean di Rumah Sakit, Cek COVID-19 di Rumah Melalui Fitur Ini

Kementerian Kesehatan RI jalin kerja sama dengan sebuah startup pelayanan kesehatan digital, SehatQ. Kerja sama ini dilakukan guna menangani pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI jalin kerja sama dengan sebuah startup pelayanan kesehatan digital, SehatQ. Kerja sama ini dilakukan guna menangani pandemi COVID-19.

SehatQ menyediakan fitur cek risiko COVID-19 secara mandiri melalui situs sehatq.com. Pengecekan ini dapat dilakukan di rumah tanpa dipungut biaya.

Sebelumnya fitur tes mandiri ini telah dikembangkan oleh tim dokter SehatQ sesuai panduan Kemenkes RI. Pengguna cukup membuka situs SehatQ dan dapat langsung memanfaatkan fitur tersebut.

"Fitur Cek Risiko Covid-19 ini penting untuk mengurangi kepadatan di fasilitas kesehatan, dan tentunya mendukung imbauan dari pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing dalam memutus rantai penularan virus," kata Dewi Bramono, Direktur SehatQ dalam rilis (24/3/2020).

Tes mandiri akan memudahkan pengguna dalam mendapatkan rekomendasi yang sesuai mengenai perlu atau tidaknya pemeriksaan lanjutan di fasilitas kesehatan.

Konsultasi daring dapat dilakukan bagi pengguna yang tidak memerlukan kunjungan fisik. Dengan ini, masyarakat bisa mendapat pelayanan tepat tanpa harus keluar rumah.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Masyarakat Akan Informasi Tentang COVID-19

Menurut data yang dihimpun SehatQ, jumlah pengguna yang mengajukan pertanyaan tentang virus corona Covid-19 meningkat secara signifikan. Masyarakat ingin mencari informasi tentang gejala infeksi Covid-19.

Mulai dari cara mencegah penularan, perbedaan status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), hingga rekomendasi makanan serta vitamin untuk menghalau infeksi tersebut.

Fitur tes mandiri Cek Risiko Covid-19, Chat Dokter, serta Portal Informasi Coronavirus dapat mendukung imbauan pemerintah terkait penerapan social distancing.

Namun, jika pengguna memang harus menjalani pemeriksaan fisik langsung, SehatQ memiliki fitur Booking Dokter yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko antrean di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.