Sukses

Dari Almond Sampai Pinus, Ini 8 Jenis Kacang Paling Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Semua kacang sehat, namun jika berbicara tentang nutrisi tidak semuanya sama. Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan tentang manfaat kesehatan kacang-kacangan.

"Mereka (kacang-kacangan) dikemas dengan lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda), dan mereka menyediakan banyak vitamin dan mineral: asam folat, vitamin E, vitamin B6 dan mineral seperti magnesium, kalium, tembaga, seng, selenium dan fosfor," kata Malena.

Dilansir dari laman Health, dari kacang almond sampai kacang pinus, dipaparkan jenis kacang yang paling sehat.

1.Kacang Almond

Kacang almond mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat, dan memiliki jumlah serat makanan yang lebih tinggi daripada kacang lainnya.

Selain itu, kacang almond juga memiliki vitamin E dan protein paling banyak dari semua kacang-kacangan. Kombinasi serat, lemak baik, dan protein telah terbukti dapat membuat seseorang kenyang lebih lama. Tak hanya itu, kacang almond juga terbukti dapat mengurangi peradangan pada pada penderita diabetes tipe 2.

 

2 dari 4 halaman

2. Kacang pistachio

Pistachio mengandung kalium dan vitamin B6 tertinggi jika dibandingkan dengan kacang lainnya. Selain itu, pistachio juga merupakan salah satu kacang berserat tertinggi. 

Untuk diketahui, kacang ini dapat membantu meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah, berat badan, dan status oksidatif. 

3. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Mereka juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah tubuh. Selain itu, kacang kenari dapat mengatasi peradangan.

4. Kacang mete

Kacang mete memiliki jumlah zat besi dan zink tertinggi dari semua jenis kacang-kacangan, yang keduanya penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Jika seseorang vegetarian mencari makanan yang kaya akan zat besi, kacang mete dapat menjadi pilihan. Selain itu, kacang mete juga berfungsi sebagai sumber tembaga dan magnesium yang sangat baik bagi tubuh.

 

3 dari 4 halaman

5. Kacang hazel

Kacang hazel mengandung sumber vitamin E yang sangat baik. Jika dibandingkan dengan kacang jenis lainnya, kacang hazel memiliki asam folat tertinggi (nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan), dan salah satu lemak tak jenuh tunggal tertinggi.

6. Kacang macadamia

Kalori kacang bervariasi dari 160 hingga 200 kalori per ons. Satu ons kacang macadamia menghasilkan 200 kalori, yaitu sekitar 10 hingga 12 kacang. 

Kacang macadamia adalah kacang dengan lemak tak jenuh tunggal tertinggi jika dibandingkan dengan semua kacang, dan bermanfaat untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk stres oksidatif dan peradangan, dan banyak ditemukan di Sulawesi.

7. Kacang pikan

Satu ons pikan mengandung 196 kalori dan jumlah serat makanan yang baik. Kacang ini juga tinggi lemak tak jenuh tunggal. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pikan dapat menurunkan kolesterol LDL "buruk" pada orang dengan kadar kolesterol normal.

8. Kacang Pinus

Diakhir, kacang pinus nyatanya menjadi sumber bagi vitamin E dan fosfor yang baik, selain dari vitamin K yang tinggi.

 

Penulis: Lorenza Ferary

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tetap Penuhi Kebutuhan Anak di Tengah Pandemi Virus Corona dengan Belanja Online
Artikel Selanjutnya
12 Gejala Dehidrasi pada Ibu Hamil, Apa Saja?