Sukses

Tipe Manakah Kamu Ketika Menghadapi Ancaman?

Ketika kita sedang dihadapkan dengan sebuah ancaman, ketahuilah respon mana yang baik dilakukan untuk menjaga keselamatan diri.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis kesehatan jiwa Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), dr Gina Anindyajati SpKJ menyebutkan bahwa pada dasarnya manusia merupakan mamalia yang ketika dihadapkan sebuah ancaman otak akan memberikan perintah tiga macam alternatif perintah.

Respon alami dari otak tersebut yaitu fight, flight, dan freeze.

"Namun, tidak semua manusia bisa fight, flight, ataupun freeze," kata dokter Gina.

Sehingga, penting untuk kita mengetahui tipe yang seperti apa ketika berhadapan dengan sebuah ancaman. Latih juga untuk bisa beradaptasi dengan mekanisme tersebut.

Bagaimana ketika kita berhadapan dengan suatu ancaman bisa memilih respon yang tepat. Dokter Gina juga mengatakan bahwa tidak semua ancaman bisa kita hadapi dengan respon fight.

"Kita juga mesti tahu diri dong. Ketika kondisinya sangat membahayakan, seperti ditodong dengan pisau, kita tidak mungkin fight karena risiko kan kita juga akan mati. Jangan-jangan pada saat itu kita perlunya flight, bukan fight," kata dokter Gina.

Kemampuan semacam itu pada dasarnya bisa dilatih. 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Respon Alami Otak Ketika Dalam Ancaman

1. Fight

Respon alami dari otak ini merupakan tindakan ketika manusia berhadapan dengan sebuah ancaman, ia akan melawannya.

2. Flight

Respon alami dari otak yang dimiliki oleh manusia secara natural ketika dihapkan dengan sebuan ancaman, ia akan kabur atau menjauhkan diri dari ancaman tersebut.

3. Freeze

Respon alami dari otak dimana seseorang tidak bisa bergerak atau seketika menjadi batu ketika ia berhadapan dengan sebuah ancaman.

Secara alami otak seperti terkunci.

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.