Sukses

12 Ancaman dari Penggunaan Obat Kuat dan Cara Mencegahnya

Bahaya obat kuat yang mesti dikethaui dan cegah sedini mungkin

Liputan6.com, Jakarta Tidak benar bila ada yang menyebut bahwa obat kuat bisa menyebabkan hipertensi. Namun, seperti yang diungkapkan dr. Sepriani di Klik Dokter, tetap ada efek samping yang perlu Anda waspadai dari penggunaan obat kuat, seperti viagra, yang terlalu sering. Yakni;

  1. Sakit kepala
  2. Gangguan pencernaan
  3. Penglihatan ganda
  4. Gangguan penglihatan, misalnya pandangan sesaat jadi kebiruan
  5. Gangguan pendengaran
  6. Berkeringat
  7. Jantung berdebar kencang tidak beraturan (palpitasi)
  8. Xerostomia (mulut kering)
  9. Insomnia
  10. Meningkatkan risiko serangan jantung
  11. Meningkatkan risiko stroke
  12. Penurunan berat badan.
  13. Selain itu, untuk mereka yang sudah berusia lanjut atau yang berpenyakit jantung dan mengonsumsi obat nitrat, efek sampingnya bisa berupa penurunan tensi darah secara drastis hingga mengancam nyawa.

Mengatasi disfungsi ereksi

Daripada terus-terusan minum obat kuat untuk meningkatkan performa seks, sebaiknya disfungsi ereksi segera diatasi. Lakukan langkah-langkah sederhana ini:

Aktif secara fisik

Disarankan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, juga dari KlikDokter, lakukan latihan fisik berupa jalan kaki, jogging, bersepeda, atau berenang. Sebuah studi dari Harvard membuktikan bahwa rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap hari akan menurunkan risiko terjadinya disfungsi ereksi sebesar 41 persen.

“Selain itu, melakukan latihan fisik dengan teratur juga terbukti meningkatkan performa seks pria yang mengalami disfungsi ereksi atau impotensi,” ujarnya.

Atur asupan makanan

Makanan yang tinggi serat dan protein, serta rendah lemak terbukti dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi. Pria lanjut usia yang memiliki kebiasaan makan buah, sayur, dan ikan terbukti memiliki risiko lebih rendah mengalami gangguan seksual tersebut.

Hindari dan kendalikan diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Penyakit diabetes dengan gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah. Salah satunya adalah gangguan aliran pembuluh darah di penis.

“Akibatnya, penis tidak mampu ereksi dengan baik. Selain itu, diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan terjadinya stroke. Adanya kerusakan di otak akibat stroke juga dapat menyebabkan penis tak mampu ereksi,” ungkap dr. Resthie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Ketidakmampuan Ereksi Bukan dengan Obat Kuat

Oleh karena itu, cegah disfungsi ereksi dengan menghindari atau mengendalikan diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Jaga lingkar pinggang di bawah 100 cm

Studi menunjukkan bahwa pria dengan ukuran lingkar pinggang di atas 100 cm lebih berisiko mengalami disfungsi ereksi. Kelebihan lemak juga akan mengganggu kerja hormon seks pria, sehingga penis lebih sulit menegang saat bercinta.

Lakukan senam kegel

Studi membuktikan bahwa senam kegel yang dilakukan dua kali sehari selama tiga bulan dapat mengatasi keluhan disfungsi ereksi.

Hindari paparan asap rokok dan alkohol

Merokok, terpapar asap rokok, dan kebiasaan minum minuman beralkohol bisa menyebabkan gangguan aliran darah. Kata dr. Resthie, bila aliran darah ke penis terganggu, disfungsi ereksi pun akan dengan mudah terjadi.

Sering minum obat kuat memang tidak seketika membuat seorang pria rentan kena hipertensi. Meski begitu, daripada terus-terusan minum obat kuat yang ada efek sampingnya, lebih baik tangani disfungsi ereksi segera. Jika tips di atas tidak mempan, langkah paling bijak adalah berkonsultasi dengan ahli urologi agar segera bisa ditangani sesuai penyebabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini