Sukses

Popcorn Tersangkut di Gigi, Pria Ini Terancam Mati

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Inggris berusia 41 tahun harus menjalani serangkaian operasi jantung akibat popcorn yang tersangkut di giginya. Hal ini membuatnya terancam meninggal dunia.

Seperti dilansir Foxnews, Adam Martin adalah seorang pemadam kebaran dan ayah dari 3 orang anak dari Cornwall, Inggris. Dia mendapati popcorn tersangkut di gigi belakang setelah menonton film dengan istrinya di bulan September.

Berbagai alat seperti tusuk gigi, kawat, dan sebagainya digunakan untuk membuang popcorn yang tersangkut. Namun, usahanya ini tidak berhasil. Popcorn tak kunjung lepas dan kini justru ada gusi yang rusak.

Seminggu kemudian, Martin mulai menderita berkeringat di malam hari, lemas, serta sakit kepala hebat. Awalnya, Martin mengira itu adalah gejala flu, namun ternyata setelah diperiksakan ke dokter, ia mengalami gejala endokarditis, atau infeksi pada endokardium (lapisan dalam jantung). Infeksi terjadi ketika bakteri dari mulut, kulit, usus dan area lain dalam tubuh yang masuk ke aliran darah.

 

2 dari 3 halaman

Gangguan jantung

Berdasarkan hasil scan dada, jantung Martin ternyata mengalami kerusakan akibat infeksi. Kemudian Martin menjalani operasi jantung terbuka untuk memperbaiki katup mitral dan mengganti katup aortanya.

"Jika saat itu saya langsung pergi ke dokter gigi, hal ini tidak akan terjadi...", ujar Martin. Ia beranggapan, hidupnya tak lama lagi.

"Saya merasa, saya sudah dekat dengan pintu kematian dan saya sangat beruntung. Saya tak pernah menyangka kalau ini akibat popcorn yang tersangkut di gigi. Saya tidak akan makan popcorn lagi", tambah Martin.

Helen, istri Martin mengungkapkan kalau infeksi suaminya dapat disembuhkan lebih mudah dengan antibiotik jika saja ditemukan lebih cepat.

"Tanda-tanda seperti sakit gigi, gusi berdarah dan abses, jangan diabaikan. Segera periksakan ke dokter. Gusi Anda merupakan jalan masuk bakteri menuju jantung," kata Helen.

3 dari 3 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Rempah-Rempah yang Berguna Menjaga Kesehatan Jantung
Artikel Selanjutnya
Punya Penyakit Jantung, Berikut 8 Makanan yang Harus Dihindari