Sukses

Menjaga Kesehatan Payudara dengan Rajin Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan payudara tetap harus diperhatikan. Memiliki payudara yang sehat akan melindungi Anda dari berbagai masalah kesehatan.

Seperti yang dilansir dari WebMD, "Mengenal payudara sendiri dapat membantu Anda ketika terdapat sesuatu yang tiba-tiba berbeda," kata penulis buku Body for Life for Women, Pamela Peeke, M.D. Peeke menambahkan bahwa cara memperhatikan payudara Anda sama dengan cara memperhatikan anggota tubuh yang lain.

Berikut ini adalah tips agar memiliki payudara yang sehat:

Berolahraga

Berdasarkan lansiran dari Self, sel lemak pada payudara yang menghasilkan estrogen dengan kadar hormon yang tinggi, erat kaitannya dengan kanker tertentu. Untuk mengecilkan ukuran sel-sel lemak tersebut adalah dengan berolahraga sehingga tubuh memompa lebih sedikit estrogen.

The America Cancer Society merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit untuk olahraga dengan intensitas sedang per minggu. Jika waktunya terbatas berolahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit per minggu juga akan memberikan manfaat kesehatan yang sama.

Mengonsumsi Cokelat

Para peneliti telah menemukan senyawa dalam cokelat yang dapat melawan pertumbuhan kanker. "Senyawa ini berinteraksi dengan enzim dan menyebabkan sel-sel kanker mati. Namun, meninggalkan sel-sel normal sendirian," kata direktur Pusat Kanker Kimmel di Thomas Jefferson University, Amerika Serikat, Richard Pestell, M.D.

 

2 dari 4 halaman

Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Saat ini terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran erat kaitannya dengan penurunan risiko berkembangnya kanker payudara estrogen-receptor-negatif. Kanker payudara estrogen-receptor-negatif sebenarnya hanya membentuk sekitar 15 persen dari semua kanker payudara, tetapi kanker payudara ini sangat sulit untuk diobati.

 Tidur dengan Nyenyak

Begadang dapat menekan kadar melatonin akibat terkena paparan cahaya lebih besar di malam hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melatonin dapat membantu mengatur estrogen. Oleh karena itu, tidur lebih awal dengan kuantitas tidur selama 7 hingga 8 jam akan membantu untuk menjaga kesehatan payudara.

 

3 dari 4 halaman

Melatih untuk Berdamai

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Program Gaya Hidup Sehat Pusat Medis Pittsburgh University di Amerika Serikat merekomendasikan cara untuk mengatasi tekanan yang Anda alami dengan tiga teknik mudah sehingga dapat dilakukan sehari-hari, seperti:

1. Ambil Napas Dalam-dalam

Dengan melakukan hal ini dapat memperlambat dan memperpanjang gelombang otak dan menghasilkan ketenagan.

2. Menonton Acara Komedi

Dengan tertawa dapat mengaktifkan area-area otak yang mengatur hormon untuk menekan daerah-daerah stres.

3. Mengucapkan Kata-kata yang Dapat Membangkitkan

Gunakanlah kata-kata yang dapat membangun diri sendiri, seperti "Saya senang dengan hidup saya" ulangi hingga Anda merasa bahagia. Hal tersebut akan melatih pikiran Anda. Ketika merasa gelisah, Anda dapat mengucapkan kembali hingga merasa lebih nyaman.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: