Sukses

TENS HV-F013, Gawai Pereda Nyeri Portabel

Rasa nyeri yang kerap datang dengan intensitas tertentu kerap membuat tidak nyaman sehingga aktivitas atau bahkan kualitas hidup seseorang terganggu.

Liputan6.com, Jakarta Kemunculan rasa nyeri bisa disebabkan oleh berbagi hal, mulai dari gangguan penyakit, dampak dari aktivitas, hingga cedera. Rasa nyeri yang kerap datang dengan intensitas tertentu kerap membuat tidak nyaman sehingga aktivitas atau bahkan kualitas hidup seseorang terganggu.

Hingga kini, belum ada penelitian menyeluruh mengenai jumlah penderita nyeri di Indonesia. Namun, cukup banyak individu yang mengeluhkan gangguan nyeri dan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi artritis 7,3 persen dan 31,4 persen untuk nyeri akibat kecelakaan di jalan.

Terkait penanganan nyeri, OMRON Healthcare Indonesia meluncurkan produk terapi Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) terbaru pada 9 Desember 2019. TENS seri HV-F013 merupakan perangkat portabel yang dirancang untuk mengurangi nyeri kronis dan akut akibat cedera ketika berolahraga atau aktivitas sehari-hari.

Managing Director OMRON Healthcare Indonesia Yosiaki Nishiyabu mengatakan, produk pereda nyeri tersebut dirancang agar mudah digunakan kapan saja dan di mana saja.

"Kami merancang produk agar portabel untuk penggunaan pribadi di mana pun dan kapan pun," ujarnya, mengutip keterangan tertulis yang diterima Health-Liputan6.com.

Bahkan, Nisiyabu mengatakan, alat tersebut juga dapat dipadukan penggunaannya dengan terapi lain. "Anda dapat melakukan terapi penghilang rasa sakit dengan OMRON HV-F013, di mana saja dan kapan saja. Dan dapat memadukannya dengan terapi lain, seperti terapi dingin, panas, wrap, dan terapi fisik, dan bahkan dengan pengobatan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja TENS

TENS HV-F013 bekerja dengan cara mengirimkan getaran stimulasi di permukaan kulit dan sepanjang untaian saraf. Alat ini memblokir sinyal nyeri agar tidak mencapai otak dan memicu tubuh melepaskan endorfin dan meningkatkan sirkulasi darah. Zat endorfin inilah yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk merasakan manfaat HV-F013? Sesi awal terapi nyeri memerlukan waktu sekitar 15 menit. Setelahnya dapat diulang selama 15 menit lagi bila diperlukan. Terapi nyeri menggunakan alat ini hanya dapat digunakan maksimal 3 kali sehari.

Jika mencoba terapi dengan alat ini, Anda harus memeriksa tingkat rasa nyeri pada skala 1 (rendah) hingga 10 (sangat nyeri), sebelum dan setelah melakukan terapi. Hal ini akan membantu menentukan dampak penggunaan perangkat.

3 dari 3 halaman

Hentikan Penggunaan Bila...

Hentikan penggunaan bisa Anda mengalami reaksi merugikan seperti iritasi kulit, kemerahan, terbakar atau sensasi menyakitkan lain. Begitu pula bila tidak terasa efek atau rasa nyeri memburuk dan berlanjut lebih dari lima hari. Kualitas hasil terapi tergantung pada kondisi tiap individu.

TENS HV-F013 ditujukan guna meningkatkan kesehatan pasien melalui terapi manajemen/mitigasi nyeri, bukan menyembuhkan penyebab rasa nyeri. Pengguna dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum dan saat menggunakannya.

Produk ini dapat ditemukan di apotek-apotek seperri Century, Watson, Boston, Kimia Farma, toko peralatan medis, serta marketplace daring seperti Tokopedia sejak Desember 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.