Sukses

Kondom Berbahan Plastik atau Usus Kelinci yang Lebih Nyaman?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa jenis kondom, seperti berbahan plastik dan usus kelinci memang bisa menjadi pilihan alat kontrasepsi. Namun, di antara dua jenis kondom tersebut, mana yang lebih nyaman?

Dalam pemaparan terkait kesehatan reproduksi, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyampaikan, pilihan memang tergantung kebutuhan yang diinginkan.

"Ada kondom dari suatu merek ternama yang berbahan plastik. Kondom ini sangat efektif mencegah penularan HIV karena punya pori-pori kecil," tutur Hasto ditemui di Kantor BKKBN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, kemarin (9/12/2019).

"Tapi lama kelamaan ya relatif berisik kalau digunakan (mengeluarkan suara saat bergesekan)."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan Kondom Lebih Lembut

Ada juga bahan kondom yang terbuat dari usus kelinci. Jenis kondom ini lebih nyaman digunakan dan tidak menimbulkan suara berisik.

"Kalau kondom dari usus kelinci itu lembut. Yang berbahan plastik juga nyaman. Bila ingin merasa nyaman sekali ya dari usus kelinci," ujar Hasto yang juga dokter spesialis obstetri dan ginekologi.

"Ya, kondom plastik, di luarnya hangat. Tapi pas dipakai di dalam luar biasa dingin. Nah, soal kondom ini penyuluh KB juga perlu tahu. Ini namanya pengetahuan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.