Sukses

Pistachio, Cemilan Seribu Manfaat untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Pistachio (Pistacia vera L. Anacardiaceae) merupakan sejenis tanaman penghasil biji-bijian yang dikenal sebagai kacang pistachio yang biasanya tumbuh di daerah Iran, Turkmenistan, dan Azerbaijan Barat.

Pistachio merupakan cemilan yang mempunyai banyak manfaat dan paling mudah dibawa bepergian. Mengingat kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, serta beragam vitamin dan mineral, pistachio dapat memberikan suasana hatimu menjadi lebih baik.

Meskipun pistachio tidak sepopuler almond, Menurut Kim Larson, RD, Pelatih Nutrisi dan Kesehatan Total Health Seattle pada womenshealth.com, pistachio memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penelitian lain juga telah membuktikan bahwa pisatachio dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit.

Berikut ini adalah manfaat pistachio untuk kesehatan:

1. Penuh dengan Nutrisi

Seperti yang dilansir dari healthline.com, pistachio memiliki banyak nutrisi, seperti kalori 159, karbohidrat 8 gram, serat 3 gram, protein 6 gram, lemak 13 gram (90% adalah lemak tak jenuh), gula 2.17 gram, magnesium 34 miligram, fosfor 139 miligram, potassium 6% dari Reference Daily Intake (RDI), Vitamin B6 28% dari RDI, Tiamin 21% dari RDI, Tembaga 41% dari RDI, dan Mangan 15% dari RDI.

Pistachio adalah salah satu makanan yang paling kaya vitamin B6. Vitamin B6 memiliki fungsi penting untuk tubuh, seperti pengaturan gula darah dan pembentukan hemoglobin.

2. Tinggi Antioksidan

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan, seperti mencegah kerusakan sel dan berperan sebagai kunci untuk mengurangi risiko penyakit kanker. Pistachio mengandung antioksidan lebih banyak daripada kacang dan biji-bijian lainnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Rendah Kalori

3. Rendah Kalori, tetapi Tinggi Protein

Pistachio adalah salah satu kacang yang memiliki kalori rendah. satu ons pistachio mengandung 159 kalori dengan protein sekirar 20%.

4. Dapat Membantu Penurunan Berat Badan

Meskipun merupakan makanan padat energi, kacang-kacangan adalah salah satu makanan paling ramah penurunan berat badan. Pistachio kaya akan serat dan protein, kedua kandungan zat tersebut meningkatkan perasaan kenyang.

5. Mempercepat Kinerja Bakteri Baik

Kandungan serat pada pistachio bergerak melalui sistem pencernaan. Kemudian serat akan dicerna oleh bakteri baik di usus lalu difermentasi dan diubah menjadi asam lemak rantai pendek yang memiliki beberapa manfaat, seperti pengurangan risiko gangguan pencernaan, kanker, dan penyakit jantung. 

6. Dapat Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Selain itu, pistachio dapat menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan tekanan darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3 dari 3 halaman

Menurunkan gula darah

7. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Pistachio memiliki peran penting dalm meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Aliran darah yang tepat memiliki peran penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk fungsi ereksi.

8. Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah

Pistachio memiliki indeks glisemik rendah sehingga tidak menyebabkan peningkatan tajam gula darah.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi pistachio mengurangi gula darah tinggi. Para peneliti juga menyarankan mengonsumsi pistachio untuk menurunkan risiko diabetes.

9. Baik Untuk Kesehatan Mata

Di antara kacang-kacangan lainnya, pistachio memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin tertinggi. Kandungan zat tersebut merupakan antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan mata yang dapat membantu mencegah katarak berkembang.

Nama : Salsabila Fauziah Rahman

Loading