Sukses

Mengenal Laringitis, Kondisi yang Bikin Shawn Mendes Tunda Konser di Brasil

Laringitis dan infeksi sinus membuat Shawn Mendes terpaksa membatalkan konser di Brasil.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi 21 tahun Shawn Mendes minta maaf ke penggemarnya di Brasil. Laringitis dan infeksi sinus membuat teman dekat Camilla Cabelo ini menunda konser yang dijadwalkan pada 30 November 2019.

"Sao Paolo, aku amat meminta maaf, hari ini aku merasa sakit saat bangun tidur. Ketika ke dokter, ternyata aku terkena laringitis dan infeksi sinus yang membuat pita suaraku membengkak," tulis Shawn.

"Dokter menyarankan agar tidak konser malam ini, jika tetap konser bisa berisiko merusak suaraku dalam jangka panjang," tutur Shawn lagi di akun Twitter-nya, @ShawnMendes.

Lalu, apa itu laringitis?

Laringitis adalah suatu kondisi peradangan atau iritasi pada laring (kotak suara). Organ ini terdapat di bagian atas leher tepat di belakang tenggorokan seperti dikutip laman Web MD, Selasa (3/12/2019).

Di dalam laring terdapat pita suara yang dalam kondisi normal membuka dan menutup untuk membentuk suara. Ketika terjadi peradangan bisa menyebabkan suara serak, lemah, bahkan bisa hilang sama sekali.

Bila laring terkena infeksi, misalnya karena demam, flu, atau bronkitis, bisa menyebabkan bagian ini membengkak. Penggunaan yang terus menerus juga bisa membuat laring mengalami iritasi seperti mereka yang bekerja sebagai penyanyi dan public speaker.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengobatan Laringitis

Perawatan terbaik saat terkena laringitis adalah dengan beristirahat bicara. Bila tidak digunakan berlebihan, laring bisa sembuh dengan sendiri dalam beberapa minggu.

Pada beberapa kasus, terutama yang butuh pekerjaannya membutuhkan suara, dokter biasanya meresepkan kortikosteroid.

Selain itu, resep rumahan berikut juga membantu membuat laring kembali sehat:

- Minum banyak air. Mungkin saat menelan air yang masuk terasa menyakitkan tapi semakin terhidrasi semakin baik. Hindari alkohol dan kafein.

- Berkumur dengan air hangat plus garam. Kehadiran air garam bisa 'menenangkan' area itu serta menguarangi bengkak.

- Hindari ruangan yagn kering, berasap dan berdebu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laringitis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan (iritasi) pada organ laring (kotak suara).

    Laringitis

  • Shawn Mendes adalah penyanyi dan penulis lagu kelahiran Kanada yang merupakan mantan Camila Cabello.

    Shawn Mendes