Sukses

Intip, 9 Penyebab Gairah Seksual Perempuan Menurun (2)

Liputan6.com, Jakarta Kelelahan seperti aktivitas yang padat sampai membuat kurang tidur bisa membuat gairah seksual perempuan jadi rendah. Namun, tak cuma itu. Ada beberapa faktor lain yang membuat gairah seksual perempuan menurun.

Mulai dari gangguan hormon sampai dengan tekanan pada diri sendiri juga bisa membuat gairah seksual menurun. Selengkapnya, bagian dua penyebab gairah seksual menurun seperti dilansir laman Prevention, Minggu (24/11/2019).

6. Gangguan hormon

Hormon punya pengaruh besar terhadap gairah seksual perempuan seperti baru beberapa bulan usai melahirkan. Bisa juga penggunaan alat kontrasepsi oral memengaruhi libido. Jika ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

7. Seks yang menyakitkan

Tidak aneh jika Anda malas bercinta bila seks terasa menyakitkan.  Menurut The Journal of Sexual Medicine, sekitar 30 persen perempuan melaporkan nyeri saat berhubungan intim dan ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, dimulai dari vagina yang kering hingga masalah kulit.

Fibroid, infeksi tertentu, dan kondisi langka yang dikenal sebagai vaginismus bisa menjadi penyebab lainnya. Jadi tidak ada salahnya memeriksakan masalah ini dengan dokter kandungan.

 

2 dari 3 halaman

8. Hubungan Bermasalah

Menurut profesor kesehatan perempuan di Australia’s Monash University, Australia, Susan Davis, Ph.D., dua penyebab tingginya libido adalah hubungan yang baik dan hubungan yang masih baru. Jika Anda tidak senang dengan pasangan atau kondisi hubungan sedang buruk, tak heran jika sulit menaikkan libido.

9. Terlalu banyak tekanan pada diri sendiri

“Seringkali, perempuan tidak mau berdekatan dengan pasangan mereka di malam hari. Tidak berpegangan tangan atau bersentuhan karena ketakutan pasangan mereka akan berpikir bahwa bakal bercinta malam ini,” kata Rustamova.

Dokter kandungan itu menyarankan untuk memprioritaskan ciuman dan berpelukan dahulu. Jika Anda ingin lanjut, itu adalah pilihan yang bisa diambil oleh kedua pihak.

“Menghilangkan tekanan dari diri sendiri bisa membuat hubungan intim lebih mudah untuk dilakukan,” kata Rustamova.

Singkatnya jika Anda tidak senang dengan kehidupan seks. Tidak ada salahnya, Anda melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

Penulis : Selma Vandika

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Memilih Kontrasepsi yang Tak Pengaruhi Gairah Seks
Artikel Selanjutnya
Tanam Tembakau di Vagina, Cara Wanita Afrika Barat Tingkatkan Gairah Seks