Sukses

Cara Mudah Mengetahui Minat dan Bakat Anak

Berikut tanda anak memiliki minat dan bakat di suatu bidang seperti disampaikan psikolog.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua perlu peka dalam mengasah minat dan bakat anak. Sebenarnya, sejak anak masih kecil sudah memperlihatkan minat dan bakat terhadap sesuatu.

"Pertama-tama, anak tidak pernah merasa lelah jika membahas topik itu, matanya akan langsung berbinar. Kemudian kalau melakukan hal tersebut, hasilnya cenderung di atas rata-rata," kata psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana di Jakarta.

Anak juga lebih mudah menguasai hal ketika diajarkan sesuatu yang ia sukai. Misalnya anak yang pandai berbahasa Inggris, maka ia biasanya memiliki bakat public speaking dan pidato dalam bahasa tersebut.

Bakat yang telah ditemukan juga harus terus diasah agar tidak menjadi tumpul. Khususnya pada karakter generasi Z yang cenderung sulit fokus dan konsentrasi.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Orangtua juga bisa mengasah minat dan bakat anak dengan mengajaknya turut serta ajang pencarian bakat. Anak dapat memperlihatkan kepiawaian sesuai minat dan bakatnya.

Salah satunya seperti acara Erlangga Talent Week (ETW) yang digelar di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, mulai 1-6 Oktober 2019. Terdapat empat kategori yang dapat diikuti, diantaranya Speech Contest, Modern Choir, Traditional Dance dan Battle of the Band.

 

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini