Sukses

Vokalis James Hetfield Masuk Rehabilitasi karena Kecanduan, Metallica Tunda Tur

Masalah kecanduan yang dialami oleh vokalis Metallica tersebut sudah dialaminya selama bertahun-tahun

Liputan6.com, Jakarta - Grup band Metallica terpaksa menunda turnya di Australia dan Selandia Baru usai vokalis sekaligus gitaris mereka, James Hetfield direhabilitasi karena masalah kecanduan.

Dalam sebuah pernyataan resminya, Metallica menuliskan bahwa sudah bukan rahasia lagi jika James telah berjuang dengan masalah kecanduan selama bertahun-tahun.

"Sayangnya, dia sekarang harus masuk kembali ke program perawatan untuk memperbaiki kesembuhannya lagi," tulis band dikenal dengan lagu "Enter Sandman"-nya itu seperti dikutip dari Variety pada Rabu (2/10/2019).

Walau tidak diketahui masalah kecanduan apa yang dialami oleh Hetfield, namun diketahui bahwa pria 56 tahun itu kerap menjalani perawatan kecanduan alkohol selama bertahun-tahun. Kisahnya juga sempat diangkat dalam dokumenter band itu yang berjudul "Some Kind of Monster" dan dirilis 2004.

Tur tersebut awalnya dijadwalkan akan dimulai di Perth, Australia pada 17 Oktober dan berakhir pada 2 November di Auckland, Selandia Baru.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Lakukan Perawatan Sejak 2001

Dilaporkan Stuff, Hetfield terakhir kali membicarakan soal masalah kecanduannya di tahun 2017. Dia mengungkapkan dalam podcast The Joe Rogan Experience bahwa ia sudah mengalami rehabilitasi sejak 2001.

"Ketakutan adalah motivator besar bagi saya," kata pria tiga anak itu.

"Kehilangan keluarga saya, itu adalah hal yang sangat membuat saya takut," ujarnya. Dia bahkan menceritakan sempat diusir dari rumah oleh sang istri dan tidak menginginkan kejadian itu lagi.

Di tahun 2002, Hetfield menulis dalam laman bandnya bahwa pemulihan merupakan hal yang paling sulit sekaligus menantang baginya, di samping menjadi orangtua.

"Itu juhga hadiah paling mendasar dan memuaskan yang pernah saya terima, bersama menjadi orangtua," katanya pada waktu itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.