Sukses

Perhatikan Ini Bila Pakai Menstrual Cup

Liputan6.com, Jakarta Pembalut sudah lazim digunakan wanita Indonesia untuk menampung darah haid. Namun, sudahkah Anda mencoba menstrual cup?

Memang produk ini jarang ditemukan di Indonesia. Namun, bila dipakai dengan cara yang benar dan menjaga kebersihan, produk ini sangat praktis dan aman.

“Produk itu (menstrual cup), mengharuskan penggunanya untuk tetap menjaga kebersihan dan memperhatikan organ intim perempuan. Penggunaan produk dengan tangan tidak bersih bisa memberikan dampak negatif yaitu keputihan,” ujar dokter Grace Valentine SpOG dari RS Pondok Indah-Puri Indah Jakarta beberapa waktu lalu.

Menstrual cup atau cup cawan merupakan produk sanitary femine hygiene yang terbuat dari silikon dan dapat digunakan berkali-kali. Bentuknya yang kecil dan sangat mudah dibawa juga jadi keunggulan produk ini.

Menstrual cup bisa menahan darah menstruasi lebih lama dari produk lain seperti tampon dan lainnya.

 

2 dari 3 halaman

Cara Kerja

Berbeda dengan tampon atau pembalut yang menyerap, produk ini mengumpulkan darah menstruasi kalian.

Selain itu, menstrual cup bisa bertahan selama 6-10 tahun tergantung pemakaian dan jenisnya. Produk ini dianggap eco-friendly, mengingat jika kita menggunakan pembalut atau tampon akan menghasilkan sampah.

 

 

Laporan: Razdkanya Ramadhanty/Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video berikut ini:

Loading