Sukses

Daging Kurban yang Dibekukan Tetap Aman Dikonsumsi

Menyimpan daging kurban dengan cara dibekukan tetap aman dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Daging kurban memang mudah rusak bila penyimpanannya tidak dikelola dengan baik. Agar daging kurban tetap awet dan tahan lama, penyimpanan bisa dilakukan dengan cara dibekukan.

"Daging itu mudah rusak jadi sebaiknya simpan pada suhu dingin. Sebetulnya dibekukan malah lebih baik. Apalagi kalau kita akan mengonsumsi daging kurban tidak dalam waktu dekat," kata ahli teknologi pangan Purwiyatno Hariyadi saat ditemui di Jakarta, ditulis Minggu (11/8/2019).

Sayangnya, masih ada anggapan di masyarakat bahwa daging kurban yang dibekukan kualitasnya buruk. Padahal, cara penyimpanan daging kurban dengan dibekukan justru bagus ketimbang disimpan di kulkas biasa.

"Kita ini sudah seringkali mendengar, daging kurban akan berkualitas buruk kalau dibekukan. Itu (anggapan) yang salah. Dibekukan justru bagus. Simpanlah di freezer," jelas Purwiyatno.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aman Dikonsumsi

Memang ada perubahan tekstur ketika mengolah dan mengonsumsi daging kurban yang dibekukan. Namun, perubahan tekstur tersebut tidak memengaruhi keamanan daging untuk dikonsumsi.

"Disimpan di freezer itu awet kok. Memang benar, ada perubahan tekstur. Tapi kalau diolah dengan baik ya enggak masalah. Itu aman (dikonsumsi)," ujar Purwiyatno.

Pastikan daging kurban dibungkus rapi dan rapar saat disimpan di dalam freezer. Kualitas daging dalam jangka waktu lama, baik berbulan-bulan tetap terjaga meski ada perubahan tekstur.

Membekukan makanan tidak akan membunuh kuman, melainkan memperlambat pertumbuhan kuman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.