Sukses

Studi Ungkap Cara Ampuh Menekan Risiko Terkena Alzheimer

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang tua khawatir terkena Alzheimer. Sehingga beragam hal yang mampu mendongkrak kinerja otak dilakukan mulai dari sering membaca dan hidup sehat menjadi bahan cerita dari mulut ke mulut untuk upaya cegah penyakit penuaan otak ini.

Penelitian baru yang di presentasikan pada konferensi tentang Alzheimer di Los Angeles, Amerika Serikat  mengatakan bahwa kebiasaan gaya hidup tertentu mungkin dapat mengimbangi risiko genetik untuk terkena Alzheimer.

Hal menarik dari penelitian baru ini adalah kebiasaan gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko genetik terkena Alzheimer. Rebecca Edelmayer, Direktur Ilmiah  Alzheimer's Association mengatkan para peneliti percaya bahwa antara 40 - 65 persen orang yang didiagnosis dengan Alzheimer memiliki gen APOE-e4 yang  meningkatkan risiko terkena penyakit itu. 

Secara khusus, para peneliti mengatakan seseorang harus cukup olahraga, makan makanan bersih, jangan merokok, dan jangan minum berlebihan menjadi cara mengurangi risiko genetik terkena alzheimer.

Tidak ada salahnya untuk mulai melakukannya sekarang. "Tidak ada kata terlambat untuk memulai," tutur Mary Sano, Direktur Pusat Penelitian Penyakit Alzheimer di Mount Sinai, New York.

"Kerugiannya menjadi minimal," tambah Sano seperti dikutip laman Health, Senin (22/7/2019).

 

2 dari 2 halaman

Kelola Stres

Selain kebiasaan sehat, Rebecca juga menyarankan untuk melakukan aktivitas yang merangsang secara kognitif ke rutinitas harian untuk menjaga otak tetap sehat.

Mary juga menambahkan tips lain untuk cegah penyakit otak ini. "Mengelola stres, kegelisahan, dan depresi dapat membantu," tuturnya.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana yang Ternyata Bisa Latih Otak Lebih Baik
Artikel Selanjutnya
Pakai Sumpit... Ini 5 Langkah Sederhana untuk Mengasah Ketajaman Otak