Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Awas, 3 Masalah Mengintai Jika Gunakan Air Liur Sebagai Pelumas Bercinta

Liputan6.com, Jakarta Pelumas menjadi salah satu cara yang banyak digunakan orang, untuk membantu ketika berhubungan intim.

Meski banyak cairan yang lebih aman untuk menggantikannya, seringkali beberapa pasangan mencari cara yang lebih murah ketika tidak ada produk pelumas. Salah satunya dengan menggunakan air liur.

"Ketika mereka tidak memiliki pelumas, saya punya pasien yang mengatakan bahwa mereka menggunakan air liur," kata ginekolog Felice Harsh seperti dilansir dari Health pada Kamis (27/6/2019).

Meski kelihatannya aman, padahal air liur bukanlah solusi terbaik. Setidaknya, ada beberapa masalah yang bisa dihadapi jika nekat menggunakan air liur untuk berhubungan seks.

2 dari 5 halaman

1. Infeksi Menular Seksual (IMS)

"Setiap IMS di tenggorokan atau mulut, dapat ditularkan ke alat kelamin melalui air liur," kata Gersh.

Salah satu yang harus diwaspadai adalah herpes. Penggunaan air liur bisa memperparah lesi herpes membuatnya jadi herpes genital. Meskipun Anda tidak bisa melihat adanya luka atau lepuh, virus tetap bisa menular. Bukan hanya itu penyakit yang bisa menular.

"Gonorea, klamidia, HPV, sifilis, dan trikomoniasis, juga bisa ditularkan ke alat kelamin melalui air liur," kata Gersh.

Infeksi semacam ini mungkin tidak memiliki gejala apa pun.

3 dari 5 halaman

2. Infeksi Vagina

Gersh mengatakan, bakteri dalam air di mulut berbeda dari bakteri vagina. Air liur mengandung enzim pencernaan yang memecah makanan. Ketika mereka masuk ke vagina, mikrobioma organ intim bisa terganggu dan rentan akan infeksi jamur atau vaginosis bakterialis.

"Menggunakan air liur sebagai pelumas untuk mengubah ekosistem vagina cukup untuk memicu salah satu dari infeksi ini," kata Gersh.

4 dari 5 halaman

3. Tidak Sebaik Pelumas

Meski tidak tertular infeksi, tetap saja kualitas liur tidak sebaik pelumas asli. "Air liur tidak memiliki konsistensi yang licin, menguap dan mengering lebih cepat," kata Gersh.

Sementara itu, produk pelumas seks diciptakan mirip dengan pelumas yang diproduksi dalam tubuh. Sehingga, cairan tersebut bisa membuat organ intim lebih licin dan mengurangi gesekan.

Karena itu, ketimbang menggunakan air ludah, Anda disarankan memakai pelumas dengan bahan dasar air atau silikon. Selain itu, cairan lain seperti minyak kelapa juga banyak diakui sebagai pengganti pelumas yang aman.

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
ExxonMobil Luncurkan Pelumas Khusus Pabrik Komponen Mobil
Artikel Selanjutnya
Wanita Terkadang Enggan Gunakan Pelumas Saat Bercinta