Sukses

Berlebihan Konsumsi Herbal Ini Bisa Berbahaya

Apapun yang berlebihan tidak akan bagus. Termasuk saat mengonsumsi produk herbal karena bisa memiliki efek samping yang berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Apapun yang berlebihan tidak akan bagus. Termasuk saat mengonsumsi produk herbal karena bisa memiliki efek samping yang berbahaya.

Itu berdasarkan hasil penelitian yang tercantum dalam Canadian Medical Association Journal. Selain itu, seorang pria berusia 84 tahun di Kanada harus masuk rumah saki akibat tekanan darah tinggi setelah terlalu banyak mengonsumsi teh buatan rumah dari akar licorice.

Tekanan darahnya sangat meningkat, dan ia menderita sakit kepala, sensitivitas cahaya, nyeri dada, kelelahan dan retensi cairan di betis, kata penelitian itu.

Setelah dirawat di rumah sakit, pasien yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi itu mengatakan kepada dokter kalau ia setiap hari minum 1-2 gelas larutan herbal buatan sendiri. Herbal tersebut berupa ekstrak akar licorice yang disebut "erk sous". Pria tersebut meminumnya selama dua minggu terakhir.

"Berlebihan pada beberapa produk herbal bisa memiliki efek samping berbahaya," kata Jean-Pierre Falet dari McGill University di Kanada mengutip TheHealthSite.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan tekanan darah

Menurut Falet, produk yang mengandung ekstrak akar licorice bisa meningkatkan tekanan darah yang menyebabkan sakit kepala dan nyeri dada.

"Produk yang mengandung ekstrak akar licorice dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan retensi air dan menurunkan kadar kalium jika dikonsumsi berlebihan," kata Falet.

Teh licorice populer di Timur Tengah dan beberapa negara bagian Eropa, dan erk sous sangat populer di Mesir selama bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini