Sukses

Tips Jitu Atasi Nyeri Haid Buat Ladies yang Aktif dan Sibuk Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Masalah bulanan yang selalu dikeluhkan banyak wanita adalah ketika nyeri perut akibat haid muncul. Tidak hanya dirasakan wanita dewasa, yang muda dan aktif pun tak bisa menolaknya. Gara-gara ini, banyak aktifitas yang bisa terganggu, kurang fokus karena tubuh terasa tidak nyaman, mood juga kurang terjaga sehingga bisa jadi banyak peluang yang terlewat.

Pada dasarnya, nyeri haid adalah hal yang maklum dirasakan setiap wanita tapi tahukah ladies, apa yang menyebabkan rasa nyeri menstruasi? Nyeri haid yang disebut juga dismenore terjadi karena prostaglandin, yaitu zat yang ada pada dinding rahim berkontraksi sehingga menyebabkan pembuluh darah terjepit.

Untuk mengatasi nyeri haid yang mengganggu, Liputan6.com punya beberapa tips jitu nih buat ladies yang aktif dan sibuk bekerja. 

1. Kompres air hangat  

Meredakan sakit nyeri akibat haid bisa dilakukan dengan mengompres perut pada bagian bawah dengan menggunakan air panas. Sesuatu yang hangat di bagian perut bisa membuat otot di sekitar perut lebih rileks sehingga bisa mengurangi atau bahkan menyembuhkan rasa nyeri.

Ada beberapa cara yang bisa ladies lakukan yakni menggunakan alat kompres khusus, botol minum, maupun handuk. Ladies bisa siapkan alat-alat tersebut di kantor untuk mengantisipasi timbulnya rasa nyeri ketika bekerja.

Jika menggunakan handuk kecil, Anda tentu harus membasahi dan merendam handuk ke air hangat, di peras dan ditempelkan ke perut. Cara ini memang sedikit rumit, tapi khasiatnya langsung terasa. Untuk cara yang praktis, ladies bisa isi botol dengan air hangat kemudian langsung ditempelkan ke bagian perut bagian bawah.  

2. Pijatan  

Dalam Buku Saku Toga Akupresur Kementerian Kesehatan RI terdapat petunjuk pijatan untuk mengurangi nyeri haid. Di antaranya, berikan pijatan pada titik di atas mata kaki. Pijat pada bagian di atas empat jari dan beri tekanan sekitar 30 hitungan. Bisa diberikan jeda pada setiap 10 tekanan. Lakukan hal yang sama di atas mata kaki sebelahnya.

Pijat antara jempol dan telunjuk. Pijat bagian yang terletak di punggung tangan pada tonjolan tertinggi di antara ibu jari dan telunjuk. Pijat dengan tekanan ringan atau sedang sebanyak 30 hitungan. Selanjutnya, pijat bagian bawah tempurung lutut. Letakkan empat jari tangan dari titik tersebut ke arah bawah. Pijatlah pada bagian setelah empat jari tersebut yang terletak di tepi luar tulang kering. Selain pijatan, kamu juga bisa lakukan olahraga atau stretching ringan untuk merilekskan tubuh.  

3. Makanan bergizi dan tinggi zat besi

Wanita yang sedang mengalami menstruasi cenderung mengalami kekurangan darah sehingga level hemoglobin cenderung menurun. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa meningkatkan dan menjaga kadar hemoglobin. Selain mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung zat besi tinggi, ladies juga harus menghindari makanan yang banya pengawetnya.

Makanan yang mengandung zat besi tinggi diantaranya daging merah, berbagai seafood seperti kerang, cumi, ikan salmon dan tuna. Kemudian hati dan jeroan yang juga memberikan tambahan protein dan vitamin. Tak ketinggalan sayur bayam dan berbagai jenis kacang-kacangan juga memiliki kandungan zat besi tinggi.

4. Konsumsi tanaman herbal

Sedikitnya ada empat tanaman herbal yang berkhasiat untuk meredakan nyeri haid. Di antaranya kunyit, asam jawa, daun jambu biji dan tapak liman. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi lemas dan nyeri otot, memperlancar haid, hingga menghindari kembung selama menstruasi. Kandungan asam amino dan antioksidan yang tinggi pada asam jawa dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya mengurangi nyeri menstruasi, asam jawa juga memperlancar darah menstruasi.  

Khasiat daun biji jambu dan tapak liman tak kalah besar manfaatnya untuk mengurangi nyeri menstruasi. Senyawa pada tapak liman dapat mempengaruhi prostaglandin sehingga hormon progesteron meningkat dan mengurangi rasa sakit. Sementara daun biji jambu dengan kandungan flavonoid yang tinggi sangat bermanfaat untuk meringankan kram perut nyeri menstruasi. Antioksidannya yang tinggi juga baik untuk tubuh.  

Hebatnya seluruh khasiat tanaman herbal yang disebutkan di atas dapat ditemukan dalam Sangobion Menstrupain, produk herbal yang memiliki khasiat dan manfaat untuk mengatasi nyeri menstruasi yang seringkali dirasakan para wanita. Sangobion Menstrupain memiliki kandungan alami kunyit, asam jawa, daun jambu biji dan tapak liman yang efektif meredakan nyeri menstruasi, mengurangi ketidaknyamanan saat haid, hingga melancarkan darah haid.

Home Tester Club Hadirkan Sampel Produk Sangobion Menstrupain

Menariknya kamu bisa mendapatkan sampel produk Sangobion Menstrupain ini secara gratis lewat Home Tester Club (HTC). Dengan bergabung bersama HTC, kamu bahkan berkesempatan menguji coba produk gratis dan diantarkan langsung produknya ke rumahmu. Klik di sini.

5. Istirahat dan hindari minuman berkafein  

Tips selanjutnya tentu adalah dengan istirahat cukup dan melakukan aktivitas ringan.Penting juga menghindari minuman mengandung kafein karena dapat memicu lepasnya prostaglandin. Untuk memberikan kenyamanan pada bagian perut yang nyeri, sebaiknya konsumsi minuman hangat.

Bila ladies masih merasakan nyeri menstruasi yang sakit sekali, tak kunjung reda bahkan sampai membuat diri hampir pingsan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan berlanjut ke dokter kandungan. Tujuannya untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana kondisi rahim yang sebenarnya. Dengan demikian, ladies menjadi lebih tahu penanganan atau solusi yang harus dilakukan selanjutnya agar tidak lagi mengalami rasa nyeri.

 

 

(Adv)

Loading
Artikel Selanjutnya
Bikin Sendiri Air Asam Jawa, Minuman Segar Kala Haid Datang
Artikel Selanjutnya
Memijat 3 Titik Tubuh Ini Ampuh Mengurangi Nyeri Haid