Sukses

4 Tips Atasi Anak Kecanduan Gadget

Liputan6.com, Jakarta Memperkenalkan anak pada teknologi tentu baik. Namun, ada dampak buruk yang juga harus diwaspadai orangtua dari penggunaan teknologi seperti gadget secara berlebihan, seperti kecanduan. Nah, agar anak terhindar dari kecanduan gadget, ada cara yang dibagikan oleh Marliana Yulianti dari Babyologist yang bisa Anda coba.

Saya bukan tipe mommy yang anti memberi gadget ke anak. Tapi saya enggak mau juga anak saya sampai kecanduan gadget.

Yang disebut gadget bukan cuma HP, masih ada TV, tablet, dan lain-lain. Kecanduan terhadap gadget pada anak itu bisa berdampak negatif untuk kesehatan mereka, baik fisik maupun mental. Tapi bukan berarti anak harus dihindari sepenuhnya dari gadget. Mau bagaimapun teknologi tetap berperan dalam membantu perkembangan anak, asalkan kita tahu batasannya.

Biasanya anak yang kecanduan gadget itu, kurang mau bersosialisasi, jadi suka menolak kalau diajak main keluar rumah, maunya nonton atau main game aja di rumah, atau ada yang anaknya kalau enggak dikasi gadget, malah ngamuk.

Berikut tips mengatasi kecanduan gadget pada anak:

Jadi contoh yang baik

Anak-anak terutama yang seumuran Clai itu suka meniru yang ada di sekitarnya, nah kalau kitanya ngeliatin HP terus, ya nantinya mereka akan ngikutin juga. Jadi ga hanya orang tuanya, tapi seisi rumah juga harus sepakat untuk ga selalu liat gadget dan perbanyak waktu untuk bermain bersama anak kita. Perubahan itu harus dimulai dari diri kita sendiri.

Buat pengalihan

Cari aktivitas/barang lain yang anak sukai, jadi dia bisa teralihkan dari gadget.

Temani mereka

Jika memang terpaksa untuk menggunakan gadget, temani dan edukasi mereka, jadi gadget bisa dimanfaatkan untuk belajar.

Batasi penggunaan dan buat jadwal

Batasi penggunaan gadget sesuai dengan umurnya.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Air Ketuban Berwarna Keruh, Kenapa?
Artikel Selanjutnya
3 Cara Hadapi Si Kecil yang Suka Memaksa