Sukses

322 RS Tipe C Sediakan Layanan Cuci Darah

Tipe fasilitas kesehatan (faskes) ini menempati urutan terbanyak untuk cuci darah bagi pasien gagal ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah fasilitas kesehatan (faskes) untuk cuci darah (hemodialisa) bagi pasien gagal ginjal terbanyak diduduki rumah sakit kelas C. Artinya, pasien gagal ginjal dapat cuci darah di rumah sakit kelas C yang tersebar di wilayahnya masing-masing.

Saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Budi Mohamad Arief menjelaskan jumlah persebaran faskes yang sudah tersedia fasilitas cuci darah.

"Untuk faskes penyediaan cuci darah terbanyak adalah rumah sakit kelas C. Persentasenya 46 persen," kata Budi, ditulis Sabtu, 16 Maret 2019.

Berdasarkan Data Sebaran Faskes Hemodialisa, jumlah faskes untuk cuci darah dari rumah sakit tipe C sebanyak 322 rumah sakit. Sementara itu, fasilitas cuci darah terdapat di 29 RS kelas A; 273 RS kelas B; 51 RS kelas D, dan 44 klinik utama.

RS kelas C ini terdapat di setiap kabupaten yang sudah memberikan layanan kedokteran spesialis terbatas. Pasien dari puskesmas dapat dirujuk ke rumah sakit kelas C.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Frekuensi cuci darah

Budi menambahkan, data BPJS Kesehatan menunjukkan, lebih banyak pasien gagal ginjal melakukan cuci darah sebanyak delapan kali dalam sebulan.

Persentase tersebut sebesar 38 persen. Frekuensi cuci darah itu dari data tahun 2017. "Pada tahun 2017, jumlah kasus yang melakukan cuci darah sebanyak 3,9 juta kasus dengan pengeluaran Rp 3,4 triliun," ujar Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.