Sukses

Makna Tepukan Xanana Gusmao di Punggung SBY dan Dada AHY

Liputan6.com, Singapura Saat bertemu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di National University Hospital, Singapura, Xanana Gusmao langsung memeluk, lantas menepuk sedikit keras punggung suami Ani Yudhoyono tersebut. Xanana menepuk punggung SBY dengan keras sebanyak tiga kali.

Begitu pula saat Xanana bertemu putra pertama SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sambil memeluk AHY, Xanana juga menepuk punggung AHY begitu akrab sebanyak tiga kali.

Pertemuan itu diunggah dalam video singkat di akun Instagram Ani Yudhoyono pada Senin, 25 Februari 2019. Dalam kunjungan ke Rumah Sakit National University, Singapura, Xanana Gusmao menjenguk Ani yang yang tengah menjalani perawatan kanker darah.

Yang paling unik, Xanana juga menepuk keras dada AHY dengan kedua tangannya. AHY pun menatap Xanana dengan senyum. Keduanya saling bersapa hangat saat itu.

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ani Yudhoyono (@aniyudhoyono) pada

Bila ditilik lagi, tepukan di punggung SBY maupun AHY ternyata menyiratkan keakraban mereka. Ada bentuk keakraban dan jalinan persahabatan yang  baik.

Menurut Ani, dalam keterangan unggahan videonya, Xanana memukul dada AHY bagaikan putranya sendiri. Berikut keterangan foto yang ditulis Ani:

"Sebuah persahabatan tidak mengenal batas ruang dan waktu. SBY dan Bapak Xanana Gusmao mempunyai sejarah persahabatan yang cukup panjang, unik dan menarik. Kemarin (Minggu, 24 Februari 2019) beliau datang menjenguk saya di NUH, mendoakan untuk kesembuhan saya. Bapak Xanana menunjukkan keakrabannya kepada SBY dan AHY dengan cara yang unik. Pak Xanana Gusmao memukul-mukul dada AHY bagaikan putranya sendiri. Terima kasih Bapak Xanana."

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Dampak positif terhadap interaksi

Memberikan tepukan di punggung seseorang punya dampak positif terhadap interaksi sosial yang, menurut penelitian terbaru. Hal ini meningkatkan persahabatan dan keakraban, bahkan dapat meningkatkan kinerja olahragawan profesional. Artinya, mereka dapat melakukan hal terbaik.

Para peneliti dari KU Leuven University di Belgia melakukan percobaan dengan 74 peserta. Mereka diminta berusaha memenangkan tiket menonton film dengan menyelesaikan sebuah tugas, dilansir dari Mail Online.

Ketika percobaan berlangsung, beberapa peserta mendapatkan tiga tepukan di punggung yang lembut dan pesan kemenangan. Sementara yang lain berharap kemenangan, tetapi tidak ditepuk punggungnya.

Hasil temuan, peserta yang berkompetisi punya kesempatan menang jika mendapat tepukan di punggung dibandingkan mereka yang tidak mendapat tepukan, menurut peneliti Jeroen Camps. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Social Influence.

Loading