Sukses

Gejala Leukemia yang Sering Dikeluhkan Anak

Leukemia, jenis kanker darah, yang juga dialami anak-anak punya gejala tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Leukemia termasuk salah satu jenis kanker darah yang juga menyerang anak. Pasien anak yang mengidap leukemia biasanya berada di bawah 18 tahun. Ada keluhan yang sering dialami anak, yang berujung pada kecurigaan terhadap kanker darah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Andree Kurniawan mengungkapkan, seringkali pasien anak datang karena badan tidak tumbuh besar.

"Mereka yang leukemia biasanya datang dengan keluhan gagal tumbuh, maksudnya (badan) sulit tumbuh besar. Lalu sering demam, keringatan, nafsu makan menurun, dan perut merasa tidak nyaman," ujar Andree dalam tayangan di akun YouTube presenter 'Ayo Hidup Sehat' TVOne, Vito Anggarino Damay, ditulis Selasa, 19 Februari 2019

Selain itu, anak juga bisa mengalami demam naik-turun atau hilang-timbul dalam jangka waktu lama. Adapun gejala kanker darah pada pasien dewasa biasanya perut begah, terutama di sebelah kiri.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek darah dan sumsum tulang

Ketika ada kondisi yang tak lazim pada anak, segera bawa ke dokter. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, anak akan melakukan cek darah dan sumsum tulang.

" Kalau pemeriksaan tersebut ternyata anak positif kanker darah. Kemungkinan anak sembuh dapat tercapai dengan kemoterapi. Kemudian menjalani transplantasi sumsum tulang," lanjut Andree, yang sehari-hari berpraktik di Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang.

Pada orang dewasa, kecurigaan kanker darah bisa terdeteksi bila melakukan cek darah rutin. Dari cek darah akan terlihat kondisi sel darah merah, sel darag putih, dan trombosit, apakah ada kecurigaan kanker darah atau tidak

"Sampel sel darah tadi lalu dibawa ke dokter hematologi. Selanjutnya, pasien dicek sumsum tulangnya," tutup Andree.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.