Sukses

Memotong Bulu Mata Bayi Bisa Bikin Lentik?

Liputan6.com, Jakarta Mitos dan fakta kerap kali bercampur baur dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya mengenai kepercayaan menggunting bulu mata bayi agar tumbuh lentik. Apakah ini mitos atau fakta? Temukan jawabannya dalam kisah yang dibagikan oleh Mommy Kurniati Solekha dari Babyologist.

Siapa sih yang tidak gemas melihat bayi memiliki bulu mata lentik. Hal tersebut bahkan membuat banyak Moms mencari cara bagaimana agar bayi mereka memiliki bulu mata yang lentik. Saat ini, masih banyak orang yang beranggapan jika ingin membuat bulu mata bayi jadi lentik, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memotongnya, kemudian nantinya bulu mata yang tumbuh akan menjadi lentik.

Faktanya, anggapan seperti itu hanyalah mitos semata. Sebenarnya bulu mata yang lentik bukan karena didapat dengan cara memotongnya, namun dipengaruhi oleh faktor hormon, faktor keturunan, serta faktor nutrisi yang dikonsumsi sang bayi.

Bulu mata sejatinya berfungsi untuk melindungi debu dan kotoran yang akan masuk ke dalam mata. Memotong bulu mata menjadi pendek malah hanya akan mengurangi fungsi bulu mata itu sendiri sebagai pelindung. Belum lagi ditambah dengan bayi berisiko terkena gunting bulu mata tersebut. Memang menggunting bulu mata bisa dilakukan di saat bayi sedang tidur, namun tak ada jaminan bayi tak akan bergerak-gerak. Gerakannya yang tiba-tiba mungkin saja akan mencelakai si Kecil.

Jadi Moms, mulai sekarang jangan berpikiran untuk memotong bulu mata si Kecil agar lentik yah, karena itu hanyalah mitos. Jika Moms ingin bulu mata si Kecil jadi lentik, maka bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti kemiri yang jauh lebih aman.

Semoga bermanfaat.

 

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Manfaat bagi Janin Saat Ibu Hamil Tidur Siang
Artikel Selanjutnya
3 Tips Libatkan Ayah Besarkan Anak Meski Sedang Berjauhan