Sukses

Macam-macam Buah dan Manfaatnya bagi Tubuh, Salah Satunya Anti Kanker

Liputan6.com, Jakarta Kamu jarang mengkonsumsi buah? Ada baiknya kamu mulai rutin untuk mengkonsumsi buah. Karena selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatanmu, banyak buah-buahan yang memiliki manfaat bagi kecantikan. 

Memakan buah dapat membatu menjaga kesehatan dan membantu proses penyembuhan suatu penyakit. Ngga percaya? Berikut macam-macam buah dan manfaatnya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Selasa (15/1/2019).

2 dari 6 halaman

1. Pisang

Tentu kamu dapat menjumpai buah ini di mana saja kamu berada. Pisang memiliki manfaat bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan pada pencernaan loh. Daging buah yang lembut ini dapat membantu melapisi dinding usus dan lambungmu, sehingga dapat membantumu untuk mencegah terjadinya peradangan pada sistem pencernaan.

Selain membantu mengatasi masalah pencernaan, buah pisang juga mengandung serat yang tinggi dan kaya akan magnesium.

Selain itu, mengkonsumsi pisang juga dapat membantumu untuk meningkatkan stamina saat berolahraga. Buah pisang ini juga sangat baik di konsumsi bagi kamu yang sedang diet loh.

Buah pisang ini juga bisa kamu jadikan bahan sebagai pelembab alami dan membantumu mengangkat kulit mati. Karena daging buah pisang yang lembut ini, kamu dianjurkan untuk tidak menjadikannya jus. Selain pisang, ada macam-macam buah dan manfaatnya yang lain.

3 dari 6 halaman

2. Apel

Macam-macam buah dan manfaatnya, yang kedua adalah buah apel. Apel memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Apel bermanfaat sebagai penurun dan penyeimbang kolesterol serta berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang terdapat pada usus besar.

Buah apel bermanfaat sebagai anti kanker. Bukan Cuma daging buahnya saja, tapi kulit apel ini juga mengandung triterpenoid untuk mencegah pertumbuhan kanker. Selain dapat mengatasi masalah kesehatan, buah ini juga memiliki manfaat bagi kamu yang sedang menjalani program diet karena kaya akan serat yang bagi tubuh.

Kandungan dalam apel juga sangat banyak, diantaranya antioksidan, asam oksalit, garam mineral, serta falvoniod yang bermanfaat untuk menambah vitamin C dalam apel. Berkat kandungan vitamin C pada apel ini, mengkonsumsi apel juga baik untuk mencerahkan kulit serta menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada kulit.

4 dari 6 halaman

3. Kelapa

Buah yang banyak dijumpi di daerah tropis ini memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh. Bukan hanya air kelapa saja yang memiliki banyak manfaat, akan tetapi daging buah kelapa pun tak kalah banyak manfaatnya.

Mengonsumsi kelapa dapat mengurangi peradangan yang sedang kamu alami. Selain itu dapat pula bermanfaat untuk mengurangi luka pada lambung serta melawan virus dan bakteri dalam tubuh.

Sudah menjadi rahasia umum pula bahwa mengonsumsi air kelapa mampu untuk menetralisir racun dalam tubuh, menghilangkan dehidrasi serta baik bagi ibu hamil dan janin. Selain untuk kesehatan, air kelapa juga memiliki nutrisi yang baik bagi wajah.

Mengonsumsi air kelapa yang banyak mengandung mineral, vitamin C serta B kompleks ini mampu untuk menghilangkan bercak hitam pada wajah, serta membersihkan pori-pori kulit dan mengatasi kulit kering. Minyak kelapa juga bermanfaat untuk melembutkan rambut serta melembabkan kulit yang kering.

5 dari 6 halaman

4. Kurma

Buah yang identik saat bulan Ramadhan ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Kandungan gula alami yang terdapat pada buah kurma ini dapat membantu untuk meningkatkan energy. Namun karena kurma mengandung gula yang cukup tinggi ada baiknya untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak buah kurma ini.

Selain dapat membantu untuk meningkatkan energi pada tubuh, kurma juga bermanfaat untuk melancarkan masalah pencernaan. Kurma juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kemampuan otak, serta bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar. Selain membantu mengatasi masalah kesehatan, buah kurma ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu mengkonsumsi buah kurma muda juga dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan pada wanita dan ibu hamil.

6 dari 6 halaman

5. Jeruk

Buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang banyak ini memang tak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Selain kandungan vitamin C-nya, manfaat buah satu ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan flu.

Mencampurkan sari buah jeruk nipis dan madu dapat membantu mengeluarkan lendir di tenggorokan dan rongga hidung. Mengonsumsi jeruk yang tinggi antioksidan ini juga dapat membantu mencegah serangan jantung. Manfat buah jeruk lainnya membantu memperlancar pencernaan. Serat yang terkandung pada jeruk baik yang larut maupun tidak larut berguna untuk menjaga perut kamu tetap sehat.

Seperti kebanyakan buah lainnya, jeruk juga mengandung magnesium yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi pada tubuh. Selain itu, jeruk juga bermanfaat untuk memperkuat gigi dan menjaga kesehatan gusi. Vitamin C pada jeruk membantu membunuh bakteri dalam mulut. Memakan daging buah jeruk memang baik bagi kesehatan, tetapi kulit jeruk juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Kulit jeruk dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit serta memutihkan kulit.

Setelah mengetahui berbagai manfaat di dalam buah, masih mau malas-malasan untuk mengkonsumsi buah?

 

Reporter: Novita Ayuningtyas

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan