Sukses

Ini Alasan Kamu Tak Bisa Menyadari Bau Ketiak Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa tak nyaman dengan bau ketiak teman? Namun, orang tersebut nampaknya tidak menyadari jika aroma tubuhnya menyengat. Rupanya ada penyebab seseorang tak bisa membaui tubuhnya sendiri.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature mengungkap bahwa hidung manusia bisa mendeteksi sekitar satu triliun aroma. Jadi, jangan heran bila Anda bisa mencium bau rumput tetangga, bau tanah ketika hujan, mencium aroma pizza yang enak, atau mungkin bau kaki kakak Anda ketika ia melepas sepatu.

Tapi ketika bau ketiak sendiri berbau busuk, Anda mungkin tidak menyadarinya. Seperti dilansir Reader Digest, ada alasan di balik itu. Menurut para ilmuran, manusia bisa mengalami kelelahan indera penciuman.

"Indera penciuman bisa saja lelah oleh bau yang tidak asing dan akhirnya hidung berhenti mendeteksinya. Dan Percaya atau tidak, itu sebenarnya bisa menjadi hal yang baik," kata Pamela Dalton, seorang psikolog di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, Amerika Serikat

 

Pamela mengatakan, reseptor bau di hidung kita mampu mendeteksi komponen kimia dan mengirimkan sinyal listrik ke korteks frontal otak. Dan kemudian kita memutuskan apakah kita perlu menjauh, atau mendekat.

"Jika indera penciuman Anda terhambat oleh bau standar lainnya, maka seseorang mungkin tidak dapat mendeteksi bau yang lebih penting, seperti misalnya asap kebakaran," katanya.

Agar sadar betapa bau ketiak Anda, salah satu caranya adalah melepas baju dan mengendusnya, bukan mengoleskan tangan ke ketiak. Cara lain untuk memeriksa aroma Anda sendiri adalah dengan menggosok kulit kepala Anda, lalu mencium aroma jari-jari Anda.

 

Saksikan juga video menarik berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan