Sukses

Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi dengan Segar

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Kualitas tidur malam yang baik akan membuat kamu merasa segar keesokan harinya. Tidur berkualitas berarti tidur nyenyak dengan waktu yang cukup. Namun tak semua orang beruntung bisa langsung tidur nyenyak.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur berperan dalam meningkatnya risiko serangan jantung, obesitas, diabetes, dan kanker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Sulit Tidur

Jika kamu mengalami sulit tidur, ketahui penyebabnya agar bisa diatasi. Beberapa hal yang menjadi penyebab sulit tidur, antara lain:

1. Stres

Stres merupakan respons terhadap masalah sehari-hari. Stres memengaruhi secara fisik, perilaku, dan emosional. Stres yang terlalu berat dapat membuat tubuh tegang dan cemas sehingga menyebabkan masalah tidur.

2. Kondisi medis

Ada banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan tidur nyenyak terganggu. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan masalah sulit tidur yakni penyakit asam lambung, kelainan tiroid seperti hipertiroidisme, radang sendi, asma, nyeri kronis, alergi, hingga depresi.

3. Usia

Memasuki usia 60 tahun, banyak orang yang mengalami perubahan pola tidur. Secara umum, mereka yang berusia 60 tahun ke atas sulit tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari.

4. Efek zat kimia

Alih-alih menenangkan, alkohol dan kafein yang kamu konsumsi dapat membuatmu terbangun di malam hari lebih sering dari biasanya. Akibatnya, saat bangun tidur badan menjadi tidak segar. Bahkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol kadang-kadang dapat menyebabkan sakit kepala dan berkeringat. Kecanduan nikotin juga dapat menyebabkan efek yang sama.

5. Irama tidur atau ritme sirkadian

Manusia memiliki ’alarm tubuh’ yang disebut dengan ritme sirkadian. Ritme ini berkaitan dengan siklus tidur. Makin rutin dan stabil waktu tidur yang kamu jalani setiap harinya, makin bagus kualitas tidur. Ritme sirkadian juga dapat berubah oleh kegiatan olahraga, tidur siang, dan paparan cahaya, misalnya bila kamu terus menerus melihat smartphone sebelum tidur. Sering bepergian jauh ke tempat dengan zona waktu berbeda akibat jetlag.

3 dari 3 halaman

Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Nah sudah tahu kan penyebab dan faktor-faktor yang dapat mengganggu kualitas tidur agar dapat dihindari. Berikut cara agar cepat tidur nyenyak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/12/2018).

1. Membatasi tidur siang

Cara agar cepat tidur yang pertama adalah membatasi tidur siang. Tidur siang bisa menjadi penyebab kamu sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari ataupun membatasi tidur siang, yaitu tidak lebih dari 20 menit. Untuk menghindari tidur siang, kamu dapat mengalihkan perhatian pada hal-hal lain, misalnya berjalan kaki, minum minuman dingin, atau mengobrol.

2. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Cara agar cepat tidur selanjutnya adalah hindari olahraga berat. Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat mudah tidur, tapi seringkali juga dapat menghasilkan efek segar yang membuat tubuh makin terjaga. Bagi kamu yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan. Melakukan yoga, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik, bisa menjadi pilihan.

3. Hindari makanan berat menjelang waktu tidur

Cara agar cepat tidur lainnya adalah hindari makanan berat sebelum tidur. Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu tidur nyenyak. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. Satu hal lagi, batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur.

4. Hindari kopi atau merokok sebelum tidur

Cara agar cepat tidur selanjutnya adalah hindari kpi atau merokok. Kopi mengandung kafein yang dapat membuatmu sulit mengantuk. Meskipun dipaksakan untuk tidur, kamu bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidurmu menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.

5. Hindari bekerja, nonton TV, dan menggunakan gawai di kamar tidur

Cara agar cepat tidur lainya adalah hindari bekerja di tempat tidur. Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiranmu bisa rileks. Kamu juga dianjurkan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Singkirkan peralatan elektronik, seperti TV dan gawai, dari tempat tidur agar tidak tergoda berselancar di dunia maya.

6. Buatlah jadwal tidur yang tetap

Cara agar cepat tidur selanjutnya adalah buat jadwal tidur yang tetap. Seperti yang telah dibahas di atas, tidur pada jam yang sama secara rutin bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan alarm alami. Lakukan kebiasaan tidur teratur, bahkan saat akhir pekan. Jadwal tidur yang tetap akan membantumu tidur nyenyak. Jangan lupa untuk menciptakan suasana ruang tidur senyaman mungkin dan gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat sepenuhnya.

7. Matikan gadget atau peralatan elektronik

Cara agar cepat tidur selanjutnya adalah matikan semua alat-alat elektronik kamu, termasuk handphone dan tablet, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Dan jika kamu terbangun di tengah malam, tahanlah godaan untuk menyalakan dan memainkan gadget. Lampu yang dipancarkan oleh perangkat elektronik bisa menurunkan produksi hormon tidur melatonin. Imbasnya, tidur kita pun menjadi terganggu.

8. Mandi air hangat

Cara agar cepat tidur yang paling efektif adalah dengan mandi air hangat (sekitar 37 derajat Celsius) di malam hari. Selesai mandi, tubuh kita akan merasa rileks hingga dapat membantu kita tidur cepat dan nyenyak.

9. Ambil dan buang napas pelan-pelan

Cara agar cepat tidur selanjutnya dengan ambil dan buang napas pelan-pelan. Tahukah kamu jika bernapas pelan-pelan dapat membantu mengurangi tekanan darah dan denyut jantung secara bersamaan, serta membuat seluruh sistem tubuh menjadi rileks? Dan katanya, bernapas dengan santai bisa menjadi salah satu cara cepat tidur. Caranya, duduklah dengan posisi punggung tegak lurus. Kemudian tutup mulut dan tekan ujung lidah ke langit-langit mulut yang ada tepat di belakang gigi depan. Setelah itu, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Biarkan napas keluar melalui rongga di samping lidah. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.