Sukses

Sulit Konsentrasi Saat Kerja, Lakukan 3 Ritual Ini Dulu Setibanya di Kantor

Tatkala konsentrasi kerja belum sepenuhnya dirasakan, Anda mungkin hanya sibuk berselancar di media sosial atau menatap layar komputer.

 

Liputan6.com, Jakarta Sulit konsentrasi bisa dialami siapa saja. Ada kalanya, setelah tiba di kantor, pikiran Anda masih mengembara ke mana-mana. Yang membuat Anda sulit fokus mengerjakan tugas kantor yang tengah menanti.

Alhasil, tatkala konsentrasi kerja belum sepenuhnya dirasakan, Anda mungkin hanya sibuk berselancar di media sosial atau menatap layar komputer. Pada tahap ini menandakan kemampuan kontrol konsentrasi sangat penting setiap hari.

Konsentrasi yang terus dipertahankan akan dapat membuat Anda mampu menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda dapat mengambil tindakan ketika sadar, Anda perlu fokus kembali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengembalikan Konsentrasi

Psikolog klinis Scott Bea membeberkan tips meraih kembali konsentrasi kerja, dilansir Cleveland Clinic, Kamis (29/11/2018).

1. Berhenti memikirkan diri sendiri

Terkadang kita terlalu memikirkan diri sendiri lantas melupakan apa yang sedang terjadi saat ini. Untuk mendapatkan kembali konsentrasi, fokuslah pada apa yang terjadi di sekitar Anda.

2. Simpan foto keluarga atau hewan peliharaan di meja

Wajah orang yang Anda cintai dapat membawa perasaan bahagia. Jika punya hewan peliharaan, tak ada salahnya juga foto hewan kesayangan ditaruh di meja. Hal ini dapat membantu Anda fokus kembali bekerja.

 

3 dari 3 halaman

Tips Berikutnya

3. Berjalan-jalan sejenak

Anda juga dapat berjalan-jalan sejenak saat alami kesulitan berkonsentrasi. Hanya sekadar melihat pemandangan pepohonan keluar jendela juga bantu mengembalikan konsentrasi.

Sebuah penelitian menemukan orang-orang yang melihat pepohonan secara berkala lebih sedikit melakukan kesalahan kerja.

Mereka juga punya konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan orang-orang yang hanya melihat bangunan atap beton. Peningkatan konsentrasi dapat terjadi setelah melihat pepohonan hanya 40 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini