Sukses

Pesan Jokowi di Ideafest 2018: Kita Jangan Ketinggalan dan Ditinggal

Jokowi menitipkan pesan kepada masyarakat, dalam menghadapi perkembangan teknologi jangan sampai ketinggalan dan ditinggal.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sambutan pembukaan IDEAFEST 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan kepada masyarakat soal perkembangan dan kemajuan, khususnya di bidang teknologi. Teknologi berkembang begitu cepat.

Kemajuan tersebut termasuk bagian dari Revolusi Industri 4.0. Sambil mengutip McKinsey Global Institute, Jokowi mengatakan, Revolisi 4.0 itu 3.000 kali lebih cepat daripada revolusi industri yang pertama (antara tahun 1750-1850).

"Saya baru belajar artificial inteligent, eh sudah keluar virtual reality. Perubahan ini sangat cepat hadir di tengah-tengah kita," ucap Jokowi dalam sambutannya di Jakarta Convention Center, Jumat (26/10/2018).

Adanya perubahan yang sangat cepat itu jangan sampai Indonesia ketinggalan dan ditinggal.

"Untuk itu saya titip, kita jangan (sampai) ketinggalan dan ditinggal. Yang menggerakkan Indonesia adalah Saudara-saudara semuanya," lanjut Jokowi.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puji tumbuhnya startup

Jokowi menambahkan, ia sangat senang atas tumbuhnya Unicorn. Unicorn adalah sebutan bagi start-up, perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS atau setara Rp 13,5 triliun (kurs Rp 13.500 per dollar AS).

Di Indonesia saat ini sudah terdapat 4 unicorn. Jumlah unicorn Indonesia tersebut termasuk banyak dibanding negara-negara di Asia Tenggara.

"Kita sudah punya 4 unicorn. Tapi saya ingin lebih lagi (unicorn bertambah)," ujar Jokowi.

Sambil mengenakan jaket cokelat, Jokowi menyebutkan nama-nama unicorn, antara lain Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.