Sukses

Ternyata Mental Lebih Sehat Bila Punya Saudara Perempuan

Inilah keuntungannya jika kita memiliki saudara perempuan

Liputan6.com, Jakarta Kesan yang pertama muncul jika kita sebut kakak atau saudara adalah cerewet, penuh pertengkaran serta keinginannya yang selalu mengatur.

Namun, siapa sangka kalau memiliki kakak atau adik perempuan berdampak luar biasa bagi kesehatan mental seseorang. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan tim dari De Montfort University, Inggris.

Apa saja efek memiliki anak perempuan dalam sebuah keluarga? Keluarga cenderung terlibat dalam percakapan yang lebih banyak, ketika memiliki setidaknya satu saudara perempuan.

Anak-anak perempuan mendorong anggota keluarga untuk banyak bicara karena meladeni keceriwisannya. “ Keluarga dengan saudara perempuan cenderung berhubungan dengan lingkungan keluarga yang lebih ekspresif,” kata salah peneliti dari De Montfort University dikutip dari KidSpot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Enaknya Punya Saudara Perempuan

Siapa pun yang tumbuh bersama seorang saudara perempuan cenderung mengekspresikan emosinya dengan sehat di masa remaja. Isak tangis yang tak terkendali, teriakan dan keputusasaan bisa lebih ringan dengan hadirnya seorang saudara perempuan.

Hasil dari studi De Montfort University juga menemukan bahwa saudara perempuan membuat seseorang lebih bahagia. Ekspresi kasih sayang memang lebih ditunjukan saudara perempuan. Seperti berpegangan tangan atau berpelukan.

"Interaksi ini menunjukkan bahwa mereka merawat saudara mereka. Tumbuh dalam lingkungan yang penuh perhatian, membuat orang dewasa lebih bahagia," ujar salah satu peneliti.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini