Sukses

Aktivitas Fisik Ringan yang Bikin Otak Anak Fokus

Ketika anak merasa kesulitan mengerjakan PR, ajak dia mengerjakan aktivitas fisik ini.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak yang sudah bersekolah baik di tingkat SD hingga SMA seringkali berkutat dengan seabreg pekerjaan rumah (PR).

Oleh karena otak dan fisik yang merasa lelah, membuat anak seringkali kesulitan menyelesaikannya. Jika mendapati buah hati tampak sulit saat mengerjakan PR, cobalah lakukan beberapa aktivitas fisik.

Aktivitas ini dikenal dengan sebutan brain breaks. Merupakan cara sederhana untuk melawan frustrasi dan meningkatkan fokus dan memenuhi kebutuhan harian anak untuk aktivitas fisik.

Gerakan brain breaks harus aktif dan menyenangkan. Anda pun bisa mengajak anak melakukannya saat berada di rumah. Apa saja yang bisa dilakukan saat brain breaks, berikut penjelasannya seperti dikutip Verywell Family pada Minggu, 2 September 2018. 

- Lompat-lompatan

Bisa melakukan permainan lompat tali, melompat dari satu titik ke titik lain atau melakukan lompatan sebanyak mungkin selama 60 detik. Dengan melompat akan memompa aliran darah jadi lebih kencang termasuk ke area otak.

 

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga Agar Anak Tetap Fokus

- Peregangan

Kondisi otot yang tegang, tubuh yang kaku, membuat anak jadi tak bisa berpikir secara jernih.

Untuk itu ajaklah ia melakukan pose yoga dan melakukan peregangan otot. Tarik napas secara perlahan lewat hidup dan buang melalui mulut.

- Permainan keseimbangan

Minta anak untuk menaruh kertas di kepalanya, kemudian berjalan. Bisa juga menempatkan benda lain yang ringan. Permainan keseimbangan ini juga cukup efektif untuk merangsang kerja otak.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.