Sukses

7 Cara Rumahan Atasi Jerawat Punggung

Beberapa bahan di rumah bisa membantu mengatasi jerawat punggung.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat punggung bisa meradang serta terasa sakit ketika kita bersandar. Salah satu cara mengatasinya bisa dengan bahan-bahan alami yang ada di dapur. 

Tidak hanya bisa mempercepat kering, cara ini juga bisa mencegah jerawat punggung datang kembali. Dilansir dari Boldsky, berikut tujuh campuran bahan yang bisa mengatasi jerawat punggung.

1. Kunyit Bubuk + Minyak Kelapa

Kandungan antibakteri pada bubuk kunyit sangat bermanfaat ketika digabungkan dengan minyak kelapa. Campur sedikit kunyit bubuk dan satu sendok teh (sdt) minyak kelapa.

Aplikasikan campuran pada jerawat pada jerawat selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Gunakan beberapa kali sehari agar jerawat lebih cepat menghilang.

 

2. Tea Tree Oil + Madu

Tea tree oil bisa membersihkan pori-pori, sedangkan madu mampu menghilangkan jerawat yang disebabkan bakteri. Jadi, keduanya bisa mencegah dan mengobati jerawat.

Campurkan 2-3 sdt tetes tea tree oil dengan setengah sdt madu. Aplikasikan pada jerawat selama 5 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan setiap hari supaya terhindar dari jerawat punggung.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baking soda

3. Baking Soda + Air Mawar

Baking soda bermanfaat untuk membersihkan kulit. Air mawar bisa menenangkan permukaan kulit. Campuran ini sangat baik untuk menangani jerawat punggung.

Aduk sedikit baking soda dan 1 sdt air mawar. Pakaikan campuran tersebut pada jerawat selama 5 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Gunakan campuran ini 3-4 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Cuka Apel + Air

Manfaat cuka apel untuk menyembuhkan jerawat sudah tidak diragukan lagi. Aduk 3-4 tetes cuka apel dengan 1 sdt air bersih. Lalu, pakaikan pada jerawat dengan cotton bud atau kapas selama 5-10 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan 2 kali sehari.

3 dari 3 halaman

Aloe Vera Gel

5. Aloe Vera Gel + Minyak Alpukat

Keduanya sangat cocok untuk mengobati dan mencegah jerawat serta mencegah supaya tidak timbul kembali. Campurkan 1 sdt aloe vera gel dengan 2-3 tetes minyak alpukat.

Gunakan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Pakaikan sekali sehari supaya jerawat punggung menghilang.

6. Jus Lemon + Gandum

Campuran keduanya bisa mencegah kemerahan dan peradangan pada kulit. Campurkan setengah sdt gandum dan jus lemon. Lalu, aplikasikan pada jerawat selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini dua hari sekali agar punggung bebas dari jerawat.

7. Gula + Minyak Zaitun

Selain menghilangkan racun dari pori-pori, campuran ini bermanfaat untuk mencegah peradangan. Siapkan setengah sdt gula halus dan 1 sdt minyak zaitun.

Lalu, aduk hingga merata dan aplikasikan pada jerawat selama 15 menit sebelum dihapus menggunakan handuk lembap. Lakukan dua hari sekali agar kulit punggung terhindar dari jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.