Sukses

4 Pertanyaan untuk Diri Sendiri Saat Relasi Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta Akan ada masa tersulit yang Anda rasakan dalam hubungan Anda. Tentu masa tersebut dapat menguji kekuatan hubungan dan cinta kalian.

Mungkin akan berpikir untuk putus atau bahkan berusaha melakukan hal positif dengan mencoba memecahkan masalah dalam hubungan Anda.

Sebelum mengambil keputusan, sebaiknya pikirkan dengan matang cara yang tepat untuk mengatasi masalah dalam hubungan Anda. Refleksi diri atau mempertanyakan diri terlebih dahulu dimana letak kesalahan Anda bisa menjadi cara yang tepat. Sehingga, Anda akan membuat keputusan yang baik dan matang.

Berikut beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pada diri sendiri saat Anda dalam masa hubungan yang sulit seperti dilansir dari laman Boldsky, Rabu (25/7/2018).

1. Sudahkah saya sepenuh hati dalam hubungan ini?

Ini merupakan salah satu pertanyaan utama yang harus Anda lakukan. Hal ini dapat dilakukan sebagai bentuk koreksi diri. Sehingga, sebelum menilai pasangan, Anda dapat mengkritisi diri sendiri terlebih dahulu. Apakah Anda sudah memberikan yang terbaik untuk pasangan dan hubungan Anda atau belum. Tidak perlu merasa malu, lakukan hal ini bila Anda ingin mengembalikan hubungan menjadi lebih baik lagi.

2. Hal apa yang sangat Anda cintai dari pasangan?

Saat hubungan berada dalam masalah yang serius. Anda harus mulai menghilangkan semua pemikiran negatif dan fokus pada hal yang positif. Tentu, hubungan yang sudah dijalani dengan waktu yang tidak singkat memiliki banyak momen dan suka duka. Oleh karena itu, tanyakan pada diri Anda apa hal yang paling disukai dari pasangan? Apa yang membuat Anda bertahan?

Pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan dan membuat Anda bertahan dengan pasangan Anda.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2 dari 2 halaman

3. Apa yang membuat Anda merasa sendiri?

Jika Anda berada dalam hubungan yang baik dan bahagia namun masih merasa sedih dan hampa, ini saatnya bertanya pada diri sendiri apa penyebabnya. Jangan segera menilai atau menyalahkan pasangan, pikirkan dan renungkanlah terlebih dahulu penyebabnya.

4. Apakah Anda mencintai diri sendiri?

Ini adalah pertanyaan yang wajib ditanyakan pada diri sendiri. Saat menjalin hubungan dengan seseorang, tentu harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain. Sulit menjalin hubungan dengan seseorang bila Anda tidak mengenal dan tidak cukup mencintai diri sendiri.

Anda mungkin akan gagal dalam memberikan cukup kasih sayang atau cinta pada pasangan sehingga hubungan dipenuhi dengan perdebatan.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum memutuskan suatu hal dan memecahkan masalah dalam hubungan Anda. Lakukanlah analisis terlebih dahulu dan refleksi terhadap diri sendiri. Hal itu dilakukan agar hubungan Anda kembali membaik dan dipenuhi dengan emosi positif.

Penulis: Jihan Khalda Fairuz