Sukses

10 Cara Membuat Anak Kembar Idaman Setiap Pasangan

Selain faktor keturunan, berikut adalah cara untuk memperbesar kesempatan memiliki anak kembar

Jakarta Memiliki anak kembar menjadi impian beberapa pasangan. Sebabnya ada keseruan tersendiri yang hadir kala dianugerahi anak kembar. Seperti bisa memakaikan baju kembar hingga suasana rumah yang jadi lebih ramai.

Namun tentu saja memiliki anak kembar membawa kerepotan tersendiri. Mengurus dua bayi di saat yang bersamaan akan membutuhkan tenaga ekstra jika dibandingkan dengan hanya memiliki satu bayi. Seperti ketika bayi yang satu menangis, maka kembarannya akan ikut menangis pula. Kebutuhan yang mesti dipersiapkan juga dua kali lebih banyak. Oleh karena itu untuk memiliki anak kembar perlu persiapan yang sangat matang. Tak selalu tentang materi dan fisik, namun juga berkaitan dengan mental.

Ketika Anda sudah benar-benar siap untuk memiliki sepasang bayi menggemaskan dalam waktu yang sama, kini yang diperlukan adalah bagaimana cara membuat anak kembar. Tak hanya faktor keberuntungan, ada pula beberapa faktor yang mendukung seperti yang dirangkum Liputan6.com (9/7) berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor yang menambah peluang memiliki anak kembar:

1. Riwayat anak kembar dalam keluarga

Ketika dalam keluarga baik dari keluarga istri maupun suami terdapat riwayat kembar, maka peluang Anda untuk dapat memiliki anak kembar akan jauh lebih tinggi. Peluang akan lebih tinggi lagi jika yang memiliki riwayat anak kembar adalah dari keluarga istri. Bahkan jika istri merupakan anak kembar maka peluang memiliki anak kembar jauh akan lebih tinggi lagi. Hal ini dikarenakan genotip ibu lebih berperan karena adanya ovulasi ganda yang diturunkan.

2. Hamil di usia 35 tahun ke atas

Penelitian menunjukkan bahwa istri yang hamil pada usia 35 tahun ke atas memiliki peluang yang lebih banyak untuk memiliki anak kembar dibandingkan dengan perempuan yang hamil usia 35 tahun ke bawah.

3. Hamil ketika menyusui

Ketika menyusui kadar prolaktin dalam tubuh istri tinggi. Hal ini menjadi momen penting ketika Anda merencanakan untuk memiliki anak kembar. Programkan membuat anak ketika istri sedang menyusui, atau siklus menstruasi telah normal usai melahirkan.

Ketika faktor-faktor di atas ternyata tidak Anda miliki, bukan berarti kesempatan Anda untuk memiliki anak kembar akan menipis. Berikut adalah cara membuat anak kembar yang jitu.

4. Istri memiliki berat badan ideal

Sebelum Anda merencanakan kehamilan, ada baiknya Anda memeriksa dahulu apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Jika berat badan Anda tergolong kurus maka peluang memiliki anak kembar akan menjadi kecil.

5. Mengonsumsi produk susu

Perempuan yang mengonsumsi produk susu dan olahannya terutama susu sapi, memiliki peluang lima kali lebih besar untuk memiliki anak kembar.

 

3 dari 3 halaman

6. Mengonsumsi asam folat

Asam folat berfungsi untuk membantu proses ovulasi. Proses ovulasi akan meningkat sehingga peluang memiliki anak kembar lebih besar. Konsumsilah makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti ikan laut, sayuran hijau, brokoli. Bisa juga didapatkan dengan mengonsumsi suplemen asam folat.

7. Istri mengonsumsi ubi

Ubi mampu merangsang sel telur agar berbuah dan matang lebih cepat serta berbuah lebih dari satu. Dengan demikian peluang memiliki anak kembar akan lebih besar. Seringlah mengonsumsi ubi agar peluang lebih tinggi.

8. Istri mengonsumsi suplemen kesuburan

Mengonsumsi suplemen kesuburan tentu akan membantu Anda meningkatkan peluang memiliki anak kembar. Obat kesuburan dapat meningkatkan peluang agar seorang perempuan menghasilkan lebih dari satu telur selama ovulasi.

9. Suami mengonsumsi tiram

Tiram mengandung zinc yang tinggi sehingga produksi sperma pada suami akan lebih banyak dan sehat. Serta gerakan sperma ketika menuju sel telur akan lebih cepat. Maka gerakan sperma yang cepat inilah memperbesar peluang untuk membuahi dua sel telur.

10. Istri dan suami mengonsumsi kecambah

Mengonsumsi kecambah dengan kuantitas banyak dan intensitas yang sering akan membantu Anda untuk memiliki anak kembar. Hal ini dikarenakan kecambah mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas sperma ataupun sel telur.

Jadi, Anda dan pasangan ingin memiliki anak kembar? Anda bisa mencoba cara-cara di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.