Sukses

Memahami si Indung Telur, Kunci Reproduksi Wanita

Indung telur memungkinkan wanita untuk menjadi ibu, sayangnya, sedikit wanita yang memahami kunci reproduksi ini.

Liputan6.com, Jakarta Indung telur adalah salah satu organ terpenting dalam fungsi reproduksi wanita. Meski hanya seukuran kacang kenari, indung telur berperan vital menentukan apakah seorang wanita bisa menjadi ibu atau tidak. 

Namun, fungsinya tidak hanya itu. Indung telur juga memiliki peran penting dalam keseharian kaum Hawa. 

"Dari sudut pandang biologis, manusia ditempatkan di Bumi untuk bereproduksi. Hal itu membuat indung telur sebagai salah satu organ terpenting," ujar Mary Jane Minkin, M.D., seorang profesor di bidang ginekologi, ilmu reproduksi dan obstetrik di Yale School of Medicine.

Melansir Women's Health, Jumat (29/6/2018), ini lima hal tentang indung telur yang wanita harus tahu:

1. Memproduksi banyak hormon

Minkin menyebut indung telur menghasilkan estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini bertanggung jawab dalam perkembangan tubuh wanita kala puber, termasuk pertumbuhan payudara, menstruasi, dan pelebaran pinggul.

Estrogen dan progesteron juga menyiapkan rahim untuk pembuahan. Kekurangan produksi hormon ini bisa memperkecil kemungkinan Anda untuk hamil.

Belum lagi, indung telur juga menentukan kadar testosteron di tubuh wanita--walau memang lebih kecil dari estrogen--yang akan mempengaruhi gairah seks.

2. Ukurannya bisa berubah

Tidak seperti organ-organ lain, indung telur tidak memiliki ukuran yang tetap. Ukurannya bisa berubah sesui dengan siklus mentruasi dan usia. Dari bulan ke bulan, organ reproduksi ini (yang ukuran normalnya sekitar 3 - 5 cm) akan membesar dan mengecil sambil dia melakukan tugas utamanya: melepaskan telur.

"Dengan ovulasi, dan kemungkinan pembentukan kantung kista yang menyertainya, indung telur bisa membesar," ujar Alyssa Dweck, M.D., asisten profesor klinis bidang ginekologi dan obstetrik di Mount Sinai School of Medicine. "Tapi hal itu hanya bersifat sementara."

Perubahan ukuran indung telur akan berhenti ketika wanita mencapai menopause. Begitu indung telur Anda menyudahi masa baktinya, dia akan menyusut.

3. Indung telur bisa stres

"Ovulasi benar-benar dipengaruhi oleh stres," ujar Dweck. Ketika Anda merasa tertekan--kita bicara tentang stres karena perubahan hidup yang besar seperti pindah kota atau perubahan berat badan yang drastis--indung telur Anda akan berhenti melepaskan telur.

"Gampangnya, ini adalah cara alam untuk mencegah kehamilan di masa-masa stres," lanjut Dweck.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Biang kerok di balik jerawat

Karena indung telur memiliki peranan penting dalam keseimbangan kadar hormon, mereka juga bisa jadi biang kerok di balik permasalahan tubuh karena hormon. "Di kondisi tertentu, seperti sindrom indung telur polycystic, keseimbangan antara estrogen, progesteron, dan testosteron benar-benar terganggu," jelas Dweck.

"Simptom testesterone yang berlebih, seperti jerawat, pertumbuhan bulu di tempat-tempat yang biasanya dimiliki pria, dan turun naik berat badan, akan muncul." Dokter Anda bisa meresepkan obat yang mengembalikan keseimbangan kadar hormon.

5. Indung telur menyukai pil kontrasepsi

Pil kontrasepsi--terutama pil versi estrogen dan progesterone--bisa secara signifikan menurunkan risiko kanker indung telur hanya setelah beberapa bulan dikonsumsi, demikian menurut American Cancer Society.

Pil bahkan memiliki peranan penting dalam menurunkan risiko kanker pada wanita pembawa mutasi gen BRCA1 atau BRCA2 (yang menempatkan Anda berisiko lebih tinggi terkena kanker indung telur), ujar Minkin.

"Pil kontrasepsi sangatlah efektif dan bisa menurunkan risiko sampai 50 persen, menurut beberapa penelitian," jelasnya. "Hal itu adalah faktor pelindung yang sangat bagus."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.