Sukses

Ada 2 Tombol Penyiram di Toilet Duduk, Ini Fungsinya

Bukan tanpa alasan terdapat dua tombol penyiram di toilet duduk modern. Ini kegunaannya bila Anda belum tahu.

Liputan6.com, Jakarta Jika diperhatikan, banyak toilet yang memiliki dua tombol penyiram. Yang satu lebih kecil daripada yang lain. Apa perbedaan dua jenis flush tersebut?

Toilet dengan dua tombol flush disebut "dual flush". Tombol ganda ini sering ditemukan di toilet-toilet modern yang ada di rumah, hotel, atau pusat perbelanjaan. Keduanya tersambung dengan katup keluar air masing-masing.

Melansir Times of India pada Selasa (12/6/2018), hal tersebut dibuat untuk konservasi air. Tombol penyiram toilet yang lebih besar digunakan untuk menyiram sekitar enam hingga sembilan liter air.

Sementara, tombol yang lebih kecil digunakan untuk menyiramkan sekitar tiga hingga empat setengah liter air. Yang jelas, tombol besar seharusnya Anda gunakan untuk menyiram kotoran padat sementara satunya untuk menyiram limbah cair.

Saat ini, sudah banyak rumah tangga yang mengadopsi alat penyiraman ganda di kamar mandi mereka masing-masing.

Hal ini ternyata mampu menghemat hingga 20 ribu liter air dalam setahun, bila dibandingkan dengan penyiram tunggal. Walau pemasangannya memang lebih mahal, tapi ini lebih ramah lingkungan dan mampu menghemat air.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimulai di Australia

Konsep semacam ini merupakan gagasan dari perancang industri di Amerika Serikat, Victor Papanek. Dia mengusulkan hal tersebut dalam bukunya yang berjudul "Design for the Real World" yang terbit pada 1976.

Konsep ini sendiri pertama kali diimplementasikan di Australia pada tahun 1980 dan bertahan hingga sekarang.

Jadi, apabila Anda menggunakan toilet namun hanya buang air kecil, pastikan memilih penyiram yang lebih kecil. Ukurannya setengah lingkaran lebih kecil. Sementara, jika Anda buang air besar, tentu saja yang ditekan adalah penyiram yang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.