Sukses

Usai Operasi Jantung, Arnold Schwarzenegger Hajar Latihan di Gym

Pemulihan pasca operasi jantung tidak halangi aktor 70 tahun ini untuk kembali melatih otot-ototnya

Liputan6.com, Jakarta Setelah beberapa lama "menghilang" dari dunia hiburan karena kondisi jantungnya, Arnold Schwarzenegger akhirnya muncul lagi. Tidak main-main, sang governator tersebut bahkan memukau para penggemarnya dengan langsung berolahraga di gym.

Aktivitas ini dituliskan aktor 70 tahun itu di akun Twitternya pada 31 Mei 2018 lalu.

"Akan terus kembali. Berlatih setiap hari, melakukan repetisi, repetisi, repetisi. Dukungan Anda benar-benar memompa semangat saya, jadi saya tetap bersyukur untuk atas dukungan dari masing-masing Anda," tulisnya di akun resminya @Schwarzenegger

Dalam video berdurasi 27 detik itu, mantan gubernur California, Amerika Serikat itu mengatakan bahwa latihan yang dilakukannya terasa luar biasa.

"Latihannya kembali terasa sangat hebat," katanya. "Kembali itu bagus. Semuanya fantastis."

Schwarzenegger sendiri kembali berolahraga setelah menjalani operasi jantung terbuka darurat, untuk mengatasi komplikasi yang muncul selama penggantian katup kateter.

 

Mengutip Men's Health pada Senin (4/6/2018), menurut juru bicaranya, kalimat pertama yang Arnold ucapkan saat bangun adalah: "Aku kembali."

Kalimat itu mengingatkan kita pada kutipan ikoniknya di film Terminator: "Aku akan kembali."

Walaupun absen sejenak karena hal tersebut, pemeran film The Expendables tersebut tetap menjaga hubungannya dengan para fans selama masa pemulihan. Dia membagi video pada bulan April, pasca kembali ke rumah dari rumah sakit, hingga dia boleh meninggalkan rumahnya pada Mei.

Men's Health sendiri menyatakan tidak mengetahui berapa beban yang diangkat Arnold dalam video itu. Namun, latihan apapun yang dilakukan setelah tiga bulan pasca melakukan operasi jantung terbuka merupakan sebuah kemajuan pesat.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aorta Bikuspid

Mengutip Live Science, aktor yang pernah menjadi Mr. Freeze di film Batman and Robin ini diketahui pernah menjalani operasi katup jantung pada 1997. Hal ini dia lakukan untuk memperbaiki cacat pada katup yang dia miliki sejak lahir.

"Katup pengganti 1997 itu tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi permanen. Selain itu, benda tersebut telah digunakan lebih lama dari masanya," kata Daniel Ketchell, juru bicara aktor tersebut pada Washington Post.

Dia pernah mengatakan bahwa dirinya lahir dengan aorta bikuspid. Keadaan ketika katup aorta hanya memiliki dua kelopak penutup, yang biasanya ada tiga.

Operasi yang dilakukan pada 1997 bertujuan memperbaiki masalah ini. Walaupun begitu, rincian prosedurnya tidak pernah dirilis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.