Sukses

Walau Klise, 5 Hal Ini Bikin Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta Ada lima pilihan gaya hidup sehat yang mampu membuat Anda panjang umur. Paling tidak orang-orang yang menjalankan kebiasaan sehat memperpanjang hidup Anda10 tahun lebih lama. 

Gaya hidup sehat yakni mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, mengonsumsi minuman beralkohol dengan jumlah terbatas, tidak merokok dan menjaga berat badan di level normal.

Semua kebiasaan ini memang terlihat biasa saja dan sudah sering Anda dengar. Apa yang membuatnya istimewa?

Melansir Health pada Jumat (11/5/2018), penelitian ini berusaha melihat sejauh mana kelima hal tersebut mampu mempengarui kesehatan dan umur seseorang.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation tersebut menunjukkan, dengan mengikuti lima kebiasaan ini, umur seorang wanita berusia 50 akan bertambah hingga 14 tahun dan pria bertambah 12 tahun.

Para peneliti menganalisis data dari dua penelitian besar para ahli kesehatan Amerika Serikat. Mereka menganalisis data hampir 79 ribu wanita dan lebih dari 44 ribu pria.

Mereka diminta mengisi kuesioner yang rinci tentang kebiasaan dan gaya hidup mereka setiap dua hingga empat tahun. Para peneliti memantau kepatuhan mereka terhadap lima perilaku yang disorot dalam penelitian.

 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Diteliti selama 34 tahun

Para peneliti terus menganalisis orang-orang tersebut selama 34 tahun. Selama waktu itu, lebih dari 42 ribu orang meninggal. Sekitar 14 ribu kematian disebabkan oleh kanker dan hampir 10.700 kasus karena penyakit kardiovaskular.

Mereka yang mengikuti lima kebiasaan gaya hidup sehat, hanya 74 persen yang meninggal dunia dibandingkan yang tidak melakukannya.

Selain itu, risiko meninggal karena terkena penyakit akibat penyakit kardiovaskular menurun. Lalu, risiko terkena penyakit kanker juga menurun signifikan. 

Hal ini semakin mempertegas pentingnya gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari untuk Anda.

Artikel Selanjutnya
Generasi Milenial Sadar Gaya Hidup Sehat karena Media Sosial
Artikel Selanjutnya
Deretan Cowok Sixpack Ajak Lakoni Gaya Hidup Sehat