Sukses

5 Daerah dengan Penduduk yang Paling Panjang Umur, Apa Rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari kita ingin panjang umur, tapi rata-rata usia harapan hidup dunia adalah 71,4 tahun. Walau begitu ada lima wilayah di dunia yang penduduknya panjang umur dan sehat yang dikenal dengan sebutan zona biru.

Berikut, lima wilayah di dunia yang rata-rata penduduknya panjang umur dan sehat hingga tua seperti mengutip Time, Minggu (18/2/2018).

1. Sardinia, Italia

Sebagian besar pria yang hidup di wilayah terpencil di Italia bernama Sardinia hidup lebih dari 100 tahun. Mereka memiliki kebiasaan makan nabati seperti kacang-kacangan, tingkat aktivitas fisik tinggi, serta hidup berdekatan dengan anggota keluarga.

Rupanya bukan cuma faktor gaya hidup sehat. Pengamatan Dan Buettner yang juga pendiri acara The Blue Zones Solution: Eating and Living Like the World's Healthiest People, perpaduan antara genetik panjang umur dan gaya hidup membuat banyak orang di wilayah tersebut panjang umur.

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

1 dari 5 halaman

2. Okinawa, Jepang

2. Okinawa, Jepang

Ikatan sosial yang tinggi disebut-sebut jadi faktor yang membuat warga Okinawa, Jepang panjang umur.

Lingkaran sosial yang kecil membuat warganya bisa saling memberi dukungan sosial. Hal tersebut membuat kesehatan mental terjaga. Tak heran, bila banyak wanita di Okinawa berusia lebih dari 100 tahun.

2 dari 5 halaman

3. Nikoya, Kosta Rika

Penghuni Nikoya, Kosta Rika tak mengonsumsi makanan cepat saji. Mereka gemar mengonsumsi kacang-kacangan, jagung, plus buah-buahan tropis.

Selain itu, penduduknya juga gemar beraktivitas fisik di luar rumah. Mereka juga dikenal memiliki mental dan spiritual yang kuat. Itu sebabnya banyak yang hidup hingga lebih dari 90 tahun.

3 dari 5 halaman

4. Loma Linda, Amerika Serikat

4. Loma Linda, Amerika Serikat

Rata-rata penduduk di Loma Linda hidup 10 tahun lebih lama dibanding penduduk Amerika Serikat umumnya. Mengapa bisa begitu?

Masyarakat Loma Linda merupakan jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Prinsip yang dijalankan adalah patuh pada hari Sabat. Yakni hari untuk beristirahat dan refleksi. Selain itu, sebagian besar tidak mengonsumsi daging. Dan lebih senang mengonsumsi biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan.

4 dari 5 halaman

5. Ikaria, Yunani

5. Ikaria, Yunani

Sekitar terbang sejam dari ibukota Yunani, Anda bisa sampai ke Ikaria. Sebuah pulau yang sekitar sepertiga penduduknya lebih dari 90 tahun dan hanya sedikit yang terkena demensia serta penyakit kronis. Lalu, apa rahasia panjang umur warga Ikaria?

Menjalani hidup dengan melakukan sesuatu yang disukai plus menjalankan gaya hidup sehat. Warga Ikaria dikenal ketat dalam menjalankan diet Mediterania yakni banyak konsumsi buah, sayur, kacang, biji-bijian, kentang dan minyak zaitun.

Artikel Selanjutnya
Sering Telat, Tanda Orang Lebih Sukses dan Panjang Umur