Sukses

Cegah Gangguan Jantung dengan Empedu Beruang

Bahan kimia dalam empedu beruang konon dapat membantu memulihkan gangguan detak tidak normal pada orang yang pernah mengalami serangan jantung.

Liputan6.com, London: Bahan kimia dalam empedu beruang konon dapat membantu memulihkan gangguan detak tidak normal pada orang yang pernah mengalami serangan jantung. Penelitian yang dilakukan Imperial College, London, menunjukkan asam ursodeoxycholic (UDCA) dapat digunakan untuk menangani detak jantung yang tidak normal.

Zat asam itu sebelumnya telah digunakan untuk mengurangi produksi kolesterol dan untuk menghancurkan batu empedu. Empedu beruang banyak digunakan dalam obat-obatan tradisional Cina namun pihak kritikus mengatakan cara mendapatkan empedu binatang liar ini sangat sadis.

Hasil penelitian terakhir ini menunjukkan asam ursodeoxycholic juga dapat digunakan untuk menangani detak jantung tidak normal pada fetus. "Temuan ini menarik," kata Dr Julia Gorelik, tim peneliti senior. "Hasil dari laboratorium menunjukkan UDCA dapat membantu otot jantung mengirim sinyal listrik secara normal."

Bahan kimia pada jantung beruang juga dapat menurunkan tingkat kandungan asam empedu yang menyebabkan gangguan ini dan dapat terkena pada bayi melalui plasenta. Para ilmuwan akan melakukan uji klinis dan berharap penelitian baru ini dapat diterapkan pada pasien gagal jantung. Penelitian ini didanai oleh Action Medical Research, Wellcome Trust, Swiss National Science Foundation, dan Imperial Comprehensive Biomedical Reserch Centre.(BBC/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.